Berita Edukasi : 09 Januari 2013 : Mendikbud Bingung Penghapusan RSBI untuk Negeri atau Swasta

1 ) Mendikbud Bingung Penghapusan RSBI untuk Negeri atau Swasta
http://kampus.okezone.com/read/2013/01/09/373/743683/mendikbud-bingung-penghapusan-rsbi-untuk-negeri-atau-swasta

Rabu, 09 Januari 2013 16:20 wib
JAKARTA- Mahkamah Konstitusi (MK) resmi menghapus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) pada sekolah-sekolah milik pemerintah. Menyikapi keputusan MK tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, berencana untuk berkonsultasi dengan pihak MK. Konsultasi itu dilakukan untuk memastikan perubahan status RSBI/SBI itu berlaku pada sekolah negeri dan swasta, atau hanya berlaku pada sekolah negeri. “Jika saya baca keputusannya, dikatakan bahwa sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah dan pemerintah daerah, artinya sekolah negeri. Lalu bagaimana dengan sekolah swastanya? Ini yang mau saya konsultasikan,” tutur Nuh saat jumpa pers di Gedung A Kemendikbud, Rabu (9/1/2013).

…dst

2 ) Kemendiknas Masih Bahas Statuta Pemilihan Rektor UI
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/01/09/mgc4t0-kemendiknas-masih-bahas-statuta-pemilihan-rktor-ui

Rabu, 09 Januari 2013, 08:43 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK — Jelang pemilihan rektor Universitas Indonesia (UI), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggodok pedoman peraturan atau statuta. Hal ini dikatakan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Djoko Santoso, yang juga Pejabat Sementara (Pjs) UI. Djoko mengatakan saat ini statuta sedang diolah untuk segera diterbitkan. Hal ini juga dilakukan atas desakan agar UI segera memiliki rektor yang definitif. “Kapan UI punya rektor definitif, kami sedang selesaikan statuta UI di kementrian, tim sedang mengolah, diolah antar kementrian. Lalu diterbitkan,” katanya kepada wartawan di Balairung UI. Djoko berharap statuta dapat dituntaskan bulan ini. “Mudah-mudahan bisa cepat. Kita harapkan bulan ini selesaikan statutanya dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP),” katanya. Sementara itu, terkait dengan calon dan panitia pemilihan rektor yang sudah terpilih, menurutnya, akan kembali dibahas dengan pedoman dari statuta tersebut.

…dst

3 ) Kemdikbud Batal Beri Subsidi PPG
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/01/09/211316/Kemdikbud-Batal-Beri-Subsidi-PPG

09 Januari 2013
SEMARANG – Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) dibebani biaya Rp 5 juta lantaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tidak memberi subsidi. Semula pemerintah akan membiayai PPG sebesar Rp 7 juta/orang, namun urung direalisasikan. Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Guru (LP3G) Semarang Listyaning Sumardi mengatakan, biaya PPG mencapai Rp 12 juta per orang. Banyak peserta menyatakan mundur. “Kendala utama adalah dana, karena semula pemerintah mau memberi subsidi Rp 7 juta per orang. Padahal, setelah 2015, justru PPG yang akan diberlakukan,” katanya di kampus IKIP PGRI. Dia mengatakan, subsidi Rp 7 juta per orang tersebut akhirnya ditanggung IKIP PGRI selaku penyelenggara PPG, sedangkan sisanya yakni Rp 5 juta dibebankan kepada masing-masing peserta.

…dst

4 ) Wamendikbud akan gugurkan sekolah bocorkan soal UN
http://www.antaranews.com/berita/351691/wamendikbud-akan-gugurkan-sekolah-bocorkan-soal-un

Minggu, 6 Januari 2013 01:55 WIB
Banda Aceh (ANTARA News) – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim menyatakan akan menggugurkan sekolah yang membocorkan soal Ujian Nasional 2013 kepada siswa. “Kami akan menggugurkan sekolah yang terbukti membocorkan soal UN saat pelaksanaan ujian nasional berlangsung,” katanya di Banda Aceh, Sabtu. Musliar menjelaskan meski soal UN tersebut sulit untuk bocor dan beredar kepada siswa, namun pihaknya tetap memberikan peringatan keras kepada seluruh sekolah di seluruh Indonesia agar tidak melakukan kecurangan saat ujian tersebut diselenggarakan. Ia mengatakan untuk antisipasi kebocoran soal tersebut pihaknya membuat 20 soal yang berbeda-beda dalam setiap ruangan ujian nasional tersebut. “Artinya, soal yang akan dibuat pada UN kali ini ada 20 model dan soal ini akan berbeda yang diterima oleh satu siswa dengan siswa lainnya yang ada dalam satu ruangan,” katanya.

…dst

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website