Berita Edukasi : Stop Kirim Mahasiswa Ke Malaysia

1 ) Asyik, Beasiswa NFP Datang Lagi!
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/15/13422957/Asyik.Beasiswa.NFP.Datang.Lagi

Selasa, 15 Januari 2013 | 13:42 WIB
KOMPAS.com – Pemerintah Belanda kembali menawarkan Netherlands Fellowship Programmes (NFP) di tahun 2013. Program ini menawarkan beasiswa penuh bagi para profesional dari berbagai negara untuk mengikuti pelatihan atau studi lanjutan di Negeri Kincir Angin itu. Beasiswa NFP terdiri dari beasiswa untuk program studi S-2, S-3, kursus singkat dan kursus lanjutan, termasuk program e-learning. Kandidat yang berminat pada salah satu program tetap harus memenuhi kriteria umum berikut ini:
– harus sudah memiliki pengalaman kerja minimal tiga tahun.
– direkomendasikan oleh pimpinan yang juga akan menjamin tetap menggaji dan menerima kandidat saat pulang dari studi Belanda.
– telah memenuhi persyaratan dan diterima oleh salah satu institusi pendidikan tinggi di Belanda yang masuk dalam daftar NFP.
– melamar program studi yang sesuai dengan bidang yang ditekuni.

…dst

2 ) Bapak, Ibu Guru, Mau Beasiswa Fulbright Ini?
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/14/12040249/Bapak.Ibu.Guru.Mau.Beasiswa.Fulbright.Ini

Senin, 14 Januari 2013 | 12:04 WIB
KOMPAS.com – Jika Anda guru Bahasa Inggris atau calon pengajar mata pelajaran ini, ini saatnya memperkaya pengalaman dan wawasan Anda. Foreign Language Teaching Assistant (FLTA) menawarkan beasiswa pelatihan Fulbright selama 9 bulan di Amerika Serikat. Selama program ini, para penerima beasiswa nantinya juga diharuskan mengajar Bahasa Indonesia atau Bahasa Jawa sekitar 20 jam per pekan. Sementara itu, penerima beasiswa akan memiliki kesempatan untuk mempelajari dua kajian tentang Amerika Serikat atau metodologi ESL tiap semester. Kandidat yang ingin mendaftar tidak boleh berusia lebih dari 29 tahun. Kandidat harus sudah mengantongi gelar S-1 dengan IPK minimal 3 (skala 4). Kandidat yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, memiliki pemahaman yang baik tentang kebudayaan Indonesia dan internasional serta menunjukkan komitmen dalam pengajaran bahasa setelah pulang ke Indonesia berpeluang besar untuk meraih beasiswa ini. Selain itu, tentu saja, syarat kemampuan berbahasa Inggris juga dituntut. Dalam aplikasi, kandidat harus menyertakan dokumen TOEFL ITP dengan skor minimal 550, IELTS 6.0 atau TOEFL iBT 79/80.

…dst

3 ) Italia Bagi-Bagi Beasiswa S-1 & S-2, Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2013/01/11/368/744669/italia-bagi-bagi-beasiswa-s-1-s-2-mau

Jum’at, 11 Januari 2013 12:15 wib
JAKARTA – Bocconi University, Italia, menawarkan puluhan beasiswa pada program sarjana dan pascasarjana kepada para pelajar internasional. Pemberian beasiswa senilai sekira 11 ribu euro per tahun ini didasarkan pada pertimbangan akademik para pelamar. Penerima beasiswa akan mendapatkan biaya pendidikan penuh selama maksimal tiga tahun studi untuk jenjang sarjana, lima tahun untuk jenjang sarjana dan magister hukum, serta dua tahun untuk program magister sains. Pembaharuan beasiswa akan dipertimbangkan sesuai kriteria tertentu. Demikian seperti dikutip dari Milis Beasiswa, Jumat (11/1/2013).

…dst

4 ) 70 mahasiswa Unsyiah dapat modal usaha
http://www.antaranews.com/berita/353085/70-mahasiswa-unsyiah-dapat-modal-usaha

Senin, 14 Januari 2013 21:28 WIB
Banda Aceh (ANTARA News) – Sebanyak 70 mahasiswa di lingkungan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp8 juta/orang, Senin. “Bantuan modal usaha yang kita salurkan untuk mahasiswa ini merupakan salah satu upaya untuk memacu kemandirian mahasiswa dalam berwirausaha dan mampu menjadi pembuka lapangan kerja baru di masa mendatang,” kata Rektor Unsyiah Samsul Rizal di Banda Aceh. Dijelaskannya, bantuan modal usaha untuk mahasiswa tersebut merupakan bagian dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dicanangkan untuk membangun jiwa wirausaha bagi setiap lulusan perguruan tinggi di masa mendatang. Ia menjelaskan, setiap mahasiswa penerima manfaat tersebut mendapat bantuan usaha sebesar Rp8 juta termasuk dengan potongan pajak dua persen untuk bantuan tersebut.

…dst

5 ) SV UGM Kuasai Bahasa Mandarin
http://www.seputar-indonesia.com/news/sv-ugm-kuasai-bahasa-mandarin

Selasa, 15 Januari 2013
YOGYAKARTA – Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) menggandeng Asosiasi Pendidik dan Pengembang Bahasa Mandarin Indonesia DPD DIY guna meningkatkan kualitas lulusan. Kerja sama tersebut dalam rangka membantu mahasiswa SV UGM untuk penguasaan bahasa Mandarin. “Kerja sama ini kami lakukan sebagai langkah memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) seiring meningkatnya hubungan bilateral antara IndonesiadanChina. Masuknya tenaga- tenaga kerja asing dari China ke Indonesia harus diimbangi dengan penerjemah yang menguasai bahasa Mandarin,”papar Direktur SV UGM Hotma Prawoto Sulistyadi kemarin. Melalui kerja sama tersebut, kata dia, pengembangan bahasa Mandarin pada Program Studi (Prodi) Bahasa Mandarin di SV UGM dapat lebih ditingkatkan. Selain itu, kerja sama diharapkan mendongkrak kompetensi lulusan SV UGM secara umum. Bukan hanya skill, tapi juga penguasaan bahasa. “Lulusan Sekolah Vokasi bukan sekadar memahami bahasa tapi menjadikan bahasa sebagai alat bantu. Apalagi kemajuan pesat yang diraih China saat ini bukan semata-mata di bidang sains, tapi justru vokasional dalam upaya mereka menciptakan teknologi,”tukas Hotma.

…dst

6 ) Pendidikan Tinggi Vokasi Terus Ditambah
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/14/20275151/Pendidikan.Tinggi.Vokasi.Terus.Ditambah

Senin, 14 Januari 2013 | 20:27 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com — Pemerintah berupaya meningkatkan pendidikan vokasi di jenjang perguran tinggi dengan memperbanyak politeknik dan akademi komunitas. Pemerintah daerah diminta untuk ikut serta memperbanyak pendidikan tinggi vokasi. “Pendirian pendidikan tinggi memang tanggung jawab pemerintah pusat. Tetapi kami mendorong supaya pemerintah daerah juga ikut ambil bagian mengembangkan pendidikan tinggi, terutama yang vokasi. Kalau memang pemerintah daerah serius, syarat utamanya sediakan dulu lahan yang siap untuk dikembangkan menjadi kampus,” kata Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, usai meresmikan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) di Semarang, Jawa Tengah, Senin (14/1/2013). Hadir dalam acara itu antara lain Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Djoko Santoso. Nuh mengatakan, di Jawa Tengah baru ada dua politeknik milik pemerintah. Adapun Jawa Timur sudah punya enam politeknik. “Jika pemerintah daerah melihat kebutuhan untuk mendirikan politeknik untuk mendukung pembangunan wilayah, bisa diajukan,” kata Nuh.

…dst

7 ) Unair Kembangkan Biogas di Sekitar Merapi
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/14/06550823/Unair.Kembangkan.Biogas.di.Sekitar.Merapi

Senin, 14 Januari 2013 | 06:55 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Tim Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengembangkan biogas dan pupuk organik dari kotoran sapi di sekitar kawasan Gunung Merapi di Dusun Tanjung, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta. “Biogas dan pupuk organik itu merupakan pengembangan dari bantuan Unair dan IKA-UA (Ikatan Alumni Universitas Airlangga) kepada warga terdampak bencana Merapi berupa Peternakan Sapi Terpadu,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Unair Prof Romziah Sidik di Surabaya, Minggu (13/1/2013). Hasil itu diketahui saat rombongan Unair yang dipimpin Warek I Prof Achmad Syahrani, melakukan kunjungan kerja untuk mengevaluasi bantuan peternakan sapi terpadu bersama ketua LPPM Unair Dr Djoko Agus Purwanto, dan Penasehat IKA-UA Mashariono beserta pengurus lainnya ke desa itu, 12 Januari.

…dst

8 ) UNY Rancang “Software” Jadwal Pelajaran Berbasis WEB
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/14/00013897/UNY.Rancang.Software.Jadwal.Pelajaran.Berbasis.WEB

Senin, 14 Januari 2013 | 00:01 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta Fajar Kurniawan merancang “software” atau perangkat lunak sistem penyusunan jadwal pelajaran berbasis web sesuai dengan kebutuhan sekolah. “Perancangan perangkat lunak itu dilatarbelakangi penyusunan dan aksesibilitas jadwal pelajaran di sekolah masih menemui beberapa hambatan karena kebanyakan pembuatan jadwal masih dilakukan secara manual,” kata Fajar di Yogyakarta, Minggu (13/1/2013). Menurut dia, penggunaan program “spreadsheet” dari MS Excel dengan menggunakan logika atau formula yang disediakan program itu juga belum cukup efektif. Hal itu disebabkan jika kecakapan dalam menggunakan “software” MS Excel masih kurang, maka akan banyak kesulitan yang muncul dalam penyusunan jadwal pelajaran tersebut.

…dst

9 ) Mahasiswa Indonesia Raih “Summa Cum Laude” di Maroko
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/01/14/mgl5ml-mahasiswa-indonesia-raih-summa-cum-laude-di-maroko

Senin, 14 Januari 2013, 05:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Fahmi Islam Jiwanto berhasil meraih gelar doktor dengan predikat “summa cum laude” di Fakultas Sastra dan Humaniora Universitas Sidhi Mohammed Benabdillah Fes, Maroko.
Fahmi Islam mendapat anugerah “summa cum laude” atau “musyarraf jiddan” di bidang “maqoshid syari’ah” pada sidang doktoral yang dihadiri Dubes RI untuk Kerajaan Maroko Tosari Widjaja, demikian Koordinator Media Informasi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko Kusnadi El-Ghezwa kepada ANTARA London, Senin. Disertasi yang diujikan pada sidang doktoral itu berjudul “Maqashid As-Syari’ah wa Dauruha fi Shiyaaghot Al-Mustaqbal” atau “Maqosid Syari’ah dan Perannya dalam Membentuk Masa Depan Masyarakat Islam” dengan tim penguji Dr Jilali Al Marini, Dr Muhammad Roughi, Dr Abdul Hak Yadir, dan Dr Umar Jiddiyah.

…dst

10 ) ITS Hentikan Kerja Sama dengan Malaysia
http://surabaya.tribunnews.com/m/index.php/2013/01/04/its-hentikan-kerja-sama-dengan-malaysia

Jumat, 4 Januari 2013 15:54 WIB
SURYA Online, SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berancang-ancang menghentikan kerja sama dengan Malaysia di bidang pendidikan. Kampus khusus teknik dan sains yang berlokasi di Sukolilo ini akan menghentikan pengiriman mahasiswa ke negara tersebut. Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono terang-terangan meminta kepada mahasiswanya untuk tidak studi lanjut ke Negeri Jiran itu. “Kami ingin dosen-dosen yang ingin studi lanjut (S2/S3) jangan ke Malaysia. Lebih baik ke dalam Negeri (Indonesia) saja bahkan di ITS daripada ke Malaysia,” kata Triyogi, Jumat (4/1/2013). Selama ini ada banyak dosen ITS yang melanjutkan studi berbeasiswa ke Malaysia. Terutama ke Universitas Teknologi Malaysia (UTM). Diharapkan, mereka yang melanjutkan studi ke luar negeri tersebut membawa kemajuan berarti bagi perkembangan ITS. Namun, harapan itu belum sepenuhny terlihat. “Penghentian studi lanjut ini jangan dikaitkan dengan politik atau hal lain. Ini murni alasan akademik,” tandas Triyogi.
Pria asli Tulungagung ini tidak melihat adanya perbedaan antara studi di ITS dengan di Malaysia. Baik terkait sistem, kemajuan pengajaran maupun kemajuan penelitian dan kemajuan keilmuan yang lain.

…dst

11 ) Stop Kirim Mahasiswa Ke Malaysia
ITS Sarankan Studi Lanjut ke Negara Lebih Maju
http://digital.jawapos.com/shared.php?type=imap&date=20130105&name=H32-A201641

05 Januari 2013
Surabaya-Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengeluarkan kebijakan baru. Mulai tahun ini ITD menghentikan pengiriman Mahasiswa S2 dan S3 ke Malaysia. Mahasiswa Pascasarjana dari ITS yang masih belajar di Negara Jiran tersebut diminta segera menuntaskan kuliah mereka.

…dst

12 ) Mendikbud: Jangan Kubur Cita-cita Sekolah Bertaraf Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/14/1330393/Mendikbud.Jangan.Kubur.Cita-cita.Sekolah.Bertaraf.Internasional

Senin, 14 Januari 2013 | 13:30 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tengah menyusun formula status pengganti rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh berharap formula tersebut sudah ada sebelumt ahun ajaran baru 2013/2014 dimulai tanpa mereduksi sedikit pun cita-cita tentang sekolah bertaraf internasional. “Cita-cita untuk memiliki sekolah bertaraf internasional di setiap kabupaten kota tidak boleh dikubur sehingga kita harus memikirkan lagi formula pengganti RSBI,” kata Nuh kepada pers di sela sosialisasi kurikulum 2013 di Semarang, Minggu (13/1/2013). Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini mengaku, sebenarnya Kemdikbud sudah memiliki gambaran mengenai formula baru sekolah eks-RSBI. Namun, dalam waktu dekat, Kemdikbud akan memanggil para pejabat dinas pendidikan, dewan pendidikan serta pemangku kepentingan pendidikan untuk berdiskusi mengenai formula baru bagi sekolah eks-RSBI.

…dst

13 ) Kemendikbud Siapkan Master Teacher
http://kampus.okezone.com/read/2013/01/14/373/745735/kemendikbud-siapkan-master-teacher

Senin, 14 Januari 2013 10:42 wib
TANGERANG – Menjelang penerapan kurikulum 2013 Juni mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai melakukan sosialisasi di beberapa daerah di Indonesia. Namun menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, sosialisasi ini hanya bertujuan untuk memaparkan informasi mengenai konsep dasar dari kurikulum 2013. Dia menjelaskan, konsep dasar dari kurikulum baru tersebut, yaitu memperkuat kompetensi yang berbasis sikap, keterampilan, dan pengetahuan dalam rangka menjawab tantangan masa depan. Demikian, disampaikan M Nuh dalam Seminar Nasional yang bertajuk Strategi Pemerintah dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia, di Universitas Terbuka (UT), Tangerang. “Sosialisasi ini sebatas membeberkan informasi tentang konsep dari kurikulum 2013 seperti apa. Setelah itu kita tunjukkan masih ada fase-fase berikutnya seperti fase pelatihan. Ya memang belum disiapkan, tapi setidaknya publik tahu akan ada kurikulum baru,” tutur M Nuh di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, akhir pekan kemarin.

…dst

14 ) Soal RSBI, Kemendikbud Siap Dilaporkan ke KPK
http://www.tempo.co/read/news/2013/01/15/079454507/Soal-RSBI-Kemendikbud-Siap-Dilaporkan-ke-KPK

Selasa, 15 Januari 2013 | 14:39 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempersilakan Indonesia Corruption Watch dan masyarakat melaporkan institusinya ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Suyanto, laporan tentang tindak korupsi harus dibuktikan. “Tindak korupsi itu bukan hanya opini, tetapi juga harus dibuktikan,” kata Suyanto ketika ditemui saat rapat dengan Komisi Pendidikan DPR RI, Selasa, 15 Januari 2013. Menurut dia, tidak hanya mengenai RSBI, ia sepakat semua korupsi di Kementerian harus diberantas jika memang terbukti ada. Indonesia Corruption Watch menilai penggunaan anggaran pemerintah untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional seusai putusan Mahkamah Konstitusi, 8 Januari 2013, sebagai tindakan korupsi. Alasannya, kata Divisi Monitoring Pelayanan Publik, Febri Hendri, tidak ada dasar hukum untuk menjalankan program tersebut.

…dst

15 ) Mendikbud: Masa Transisi RSBI Tidak Melawan Hukum
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/14/20395777/Mendikbud.Masa.Transisi.RSBI.Tidak.Melawan.Hukum

Senin, 14 Januari 2013 | 20:39 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan, upaya Kemendikbud untuk meminta masa transisi sekolah eks-RSBI hingga akhir tahun ajaran, atau sekitar Juni, bukan sebagai pembangkangan hukum. Pemerintah menghargai dan siap melaksaksanakan putusan Mahkamah Konstitsusi (MK) untuk membubarkan status rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di sekitar 1.300 sekolah di jenjang SD hingga SMA/SMK. “Tidak mungkin proses belajar-mengajar di sekolah eks-RSBI dihentikan begitu saja. Yang kami selamatkan kepentingan anak-anak,” kata Nuh, Senin (14/1/2013) di Semarang, Jawa Tengah. Dalam masa transisi, pemerintah menggariskan dana APBN dan APBD untuk program RSBI tidak boleh lagi digunakan. Demikian juga soal penerimaan siswa baru, harus menunggu peraturan baru yang disipakan pemerintah, yang tidak memakai konsep penerimaan siwa baru RSBI.

…dst

16 ) Jokowi Wali Kota Terbaik Ketiga Sedunia
http://internasional.kompas.com/read/2013/01/08/08220572/Jokowi.Wali.Kota.Terbaik.Ketiga.Sedunia

Selasa, 8 Januari 2013 | 08:22 WIB
PERTH, KOMPAS.com — Joko Widodo atau Jokowi, mantan Wali Kota Surakarta yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta, terpilih sebagai wali kota terbaik ketiga sedunia dalam pemilihan World Mayor Project 2012. Di atas Jokowi, wali kota terbaik sedunia 2012 adalah Wali Kota Bilbao (Spanyol) Inaki Azkuna. Wali Kota Perth Lisa Scaffidi berada pada peringkat kedua. Keputusan ini diambil menyusul pencalonan dan pemungutan suara dalam pemilihan World Mayor Project 2012 yang berlangsung selama sembilan bulan yang dilakukan panel juri yang terdiri dari para anggota Yayasan Wali Kota Sedunia (The City Mayors Foundation). World Mayor Project ini diorganisasi sejak 2004 oleh Yayasan Wali Kota Sedunia, sebuah lembaga pemikir untuk masalah-masalah perkotaan. Menurut laporan harian The Western Australia, Selasa (8/1/2013), keberhasilan Scaffidi itu adalah karena keberhasilannya membawa Perth menjadi kota ketiga di Australia setelah Sydney dan Melbourne. Scaffidi pertama kali terpilih sebagai wali kota pada 2007. Sejak itu, dia dianggap berhasil membawa Perth dikenal secara internasional.

…dst

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website