Lembaga Penjaminan Mutu Gelar Seminar Internasional Higher Education Development Towards ASEAN Integration 2015

Rektor Memberikan Cinderamata Unitomo pada Prof. Dr. Samrit Yossomsakdi dari Burapha University, Thailand
Rektor Memberikan Cinderamata Unitomo pada Prof. Dr. Samrit Yossomsakdi dari Burapha University, Thailand

Lembaga Penjaminan Mutu Unitomo Rabu (24/03) menggelar seminar internasional bertajuk “Higher Education Development” Towards ASEAN Integration 2015″. Seminar digelar di Ruang RM Soemantri Lantai 3 Gedung A diikuti para pimpinan universitas, fakultas, serta program studi di lingkungan Unitomo.

Tampil sebagai pembicara Prof. Dr. Samrit Yossomsakdi, Director of Doctoral Degree Program in Political Science, dari Burapha University, Thailand. Dalam paparannya Samrit menegaskan perlunya kesiapan lembaga pendidikan tinggi dalam menghadapi integrasi ASEAN yang sudah di depan mata. “AFTA begitu pun AFLA sudah merupakan pilihan yang akan dihadapi semua negara ASEAN. Karenanya, kerjasama antar lembaga perguruan tinggi di kawasan ini merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa kita hindarkan”, ujar doktor lulusan Northern Illinois University Amerika Serikat ini.

Melalui kerjasama yang terjalin erat, lanjut Samrit, kita bisa belajar dan berbagi pengalaman dalam SONY DSCmenghadapi berbagai persoalan global. “Dalam hal meningkatkan penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional misalnya, Indonesia dan Thailand menghadapi persoalan yang sama. Bagi kebanyakan mahasiswa di kedua negara ini, bahasa Inggris masih menjadi bahasa asing, bukan bahasa ke dua. Beda dengan kondisi di Singapura. Di sana tidak sulit menemukan orang yang bisa berbahasa Inggris. Ini tentu mempengaruhi kesiapan kita dalam menghadapi era AFTA dan AFLA”, ujar Samrit.

Sebelumnya, saat memberi sambutan, rektor Dr. Ulul Albab, juga menyinggung tentang perlunya Unitomo menjalin kerjasama dengan kampus-kampus di luar negeri. “Terutama di negara-negara ASEAN seperti Thailand, yang dalam beberapa hal menghadapi persoalan yang sama dengan Indonesia. Kita perlu belajar dari mereka, sebab terbukti dalam beberapa hal mereka lebih siap menghadapi era integrasi ASEAN ini”, ujar rektor.(Dan/Bhak)

Gallery Foto lainya :

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website