Sosialisasi Standarisasi IPTEK Nuklir FP Unitomo Gelar Kuliah Umum

nuklirBertempat di Auditorium MR.RM. Soemantri kampus Universitas Dr. Soetomo menurut rencana besok Kamis (28/11) pukul 10:00 sampai selesai Fakultas Pertanian akan gelar Kuliah Umum dengan tema “Standarisasi Produk Pangan Siap Saji Bebas Radiasi”.

Kuliah umum ini merupakan kerjasama dengan BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional) yang sedianya akan dinarasumberi oleh Drs. Djatmiko, M.Sc  selaku Kepala Pusat Standarisasi dan Jaminan Mutu Nuklir.

Menurut Ir. Ach.Kusyairi, M.Si  kegiatan ini penting bagi mahasiswa khususnya program studi Tekhnologi Pangan guna menambah wawasan dan khasanah IPTEK yang berbasis nuklir.

” Sebenarnya melalui teknologi nuklir banyak manfaatnya juga bagi sektor pertanian. Misalnya rekayasa genetik untuk menghasilkan tanaman yang tahan hama penyakit, sehingga mengurangi penggunaan bahan kimia dari pestisida”, ujar Dekan Fakultas Pertanian ini . “Salah satu contohnya adalah hasil rekayasa genetik varietas padi, kedelai dan kacang hijau yang tahan terhadap hama ulat”, imbuhnya.

Dalam kegiatan ini menurut rencana disamping kuliah umum akan pula dipamerkan oleh BATAN beberapa produk pertanian hasil IPTEK Nuklir yang belum pernah di publikasikan.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website