Expatriat Jepang Terpikat Dakon dan Bakiak

SONY DSCBertempat di Auditorium RM. Soemantri Selasa (10/12) pukul 9.00 sampai selesai Fakultas Sastra Prodi Sastra Jepang gelar Kondankai ke-57. Kegiatan yang merupakan diskusi antar budaya ini menggunakan bahasa Jepang dan memuat tema Asobi Mono (Permainan yang Menggunakan Alat).

Kegiatan yang dihadiri oleh 16 expatriat Jepang yang tergabung dalam Japan Foundation Club ini berlangsung sangat meriah. Dalam diskusi terlihat begitu antusiasnya mereka. Selain itu juga dicoba beberapa permainan khas Indonesia seperti dakon, bola bekel, gasingan dan bakiak.

Menurut Cahyani Arum, ketua panitia, kegiatan ini rutin dilakukan tiap 3 bulanan. “Kami selalu mencari topik – topik yang aktual. Dan sedapat mungkin menarik sisi budaya”, ujar mahasiswi semester 5 ini. “Syarat utama ikut kondankai adalah mahasiswa harus sudah mampu membuat sakubun atau esai dengan menggunakan bahasa Jepang”, imbuhnya.SONY DSC

Salah satu yang didiskusikan disini adalah dakon. Menurut Miho, salah satu expatriat, mengaku sangat kesulitan bermain dakon karena menggunakan bijian. “Bagaimana mainnya ya” ujarnya dengan logat Jepang.

Oleh Harsono, salah satu mahasiswa Sastra Jepang dijelaskan dakon mempunyai filosofi yang luhur dalam perkembangan anak di Indonesia. “Dengan bermain dakon maka kita diajari untuk menabung”, ulas mahasiswa ini dengan bahasa Jepang yang fasih.

Dalam kesempatan kondankai ke 57 ini di peragakan ditiap kelompok diskusi beberapa permainan rakyat Jepang seperti Karuta, Shogi, Daruma Otoshi, Otedama dan Kendama.

SONY DSCKondankai kali ini diakhiri dengan kompetisi bakiak antara para expatriat Jepang dan mahasiswa fakultas sastra Unitomo. Kompetisi ini akhirnya dimenangkan oleh tim expatriat Jepang yang rata-rata sudah menguasai permainan ini.

“Sangat menarik dan menyenangkan main bakiak ini ya, meskipun kaki saya sakit”, kata Ataka Chieko sambil tersenyum.

Gallerry Foto lainnya :

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website