Pentingnya Bentuk Karakter Anak dengan Mendongeng

Kak Bimo sedang memvisualisasikan dongengnya dengan peniruan suara
Kak Bimo sedang memvisualisasikan dongengnya dengan peniruan suara

Sekitar 150 peserta hadir dalam worlshop mendongeng oleh Bambang Bimo Suryono atau Kak Bimo pada Senin (7/4) di Auditorium Ki. Moh Saleh Kampus Unitomo.

Workshop pendidikan yang dibidani oleh Badan Eksekutif Mahasiswa  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (BEM-FKIP) ini bertujuan untuk sharing dan sosialisasi media dongeng sebagai media alternatif untuk membentuk karakter peserta didik.

Disamping para mahasiswa sebagian besar peserta terdiri dari para guru PAUD dan SD yang ingin banyak menimba ilmu tentang cara mendongengyang efektif.

Menurut Asmawiyanto panitia workshop, kegiatan ini  diharap bisa membantu para guru untuk menemukan cara yang lebih inovatif dalam proses belajar mengajar.

“Dengan penyampaian materi pelajaran melalui dongeng ini ternyata lebih bisa dimengerti siswa”, ujar mahaisiwa prodi pendidikan bahasa Indonesia ini.

Antusiasme peserta Wrokshop Mendongeng
Antusiasme peserta Wrokshop Mendongeng

Dalam paparannya Kak Bimo mencontohkan dahsyatnya efek mendongeng pada anak-anak. “Apa lagi jika anda menguasai alur ceritanya yag intinya harus visioner agar si anak terinspirasi” terang pemegang rekor muri mendongeng ini.

Menurut Kak Bimo, “Kebanyakan orang sukses dalam kariernya karena punya daya imajenasi yang kuat yang otomatis membentuk karakternya”. “Misalnya banyak orang Minang yang sukses di perantauan karena terobsesi dengan dongeng malin kundang, dan cerita itu biasanya didapat dari dongeng ketika masih kecil”, ujarnya.

Ditambahkan pula oleh Kak Bimo bahwa dalam proses pembelajaran di sekolahpun guru harus perperan aktif terutama agar muridnya bisa terinspirasi, masuk ke otak lalu simurid dapat mengeksplorasi sendiri materi pelajaran lebih lanjut. “Karenanya materi ajar harus disiapkan juga dengan sesi cerita menarik, tidak harus berupa rumus yang membosankan”, imbuhnya.

Bapak Rektor berkenan memberikan Cinderamata pada Kak Bimo
Bapak Rektor Bachrul Amiq berkenan memberikan Cinderamata pada Kak Bimo

Menanggapi fakta bahwa setiap anak memiliki perbedaan sifat dan daya tangkap yang berbeda, Kak Bimo berharap pentingnya peran Orang tua sekarang dalam memperhatikan perkembangan sifat dan karakter anaknya.  “Jangan anak dimanjakan dengan acara televisi dan gadget karena yang timbul malah karakter agresifnya, sedang daya imajenasinya masih lemah sehingga masih perlu bimbingan”, tambah Kak Bimo.

Share This: