SAMBUTAN REKTOR DALAM RANGKA WISUDA UNIVERSITAS DR SOETOMO Hotel Mercure, 29 Maret 2014

Assalamualaikum wr. Wb.

Selamat Pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Koordinator Kopertis Wilayah VII atau yang mewakili

Yang terhormat Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Cendekia Utama beserta Wakil Ketua dan segenap anggota Dewan Pembina

Yang Terhormat Ketua Dewan Pengurus, Sekretaris dan Bendahara Yayasan Pendidikan Cendekia Utama

Yang Terhormat Ketua dan anggota Dewan Pengawas Yayasan Pendidikan Cendekia Utama.

Yang terhormat Badan Pengurus Harian Yayasan Pendidikan Cendekia Utama

Yang terhormat para anggota Senat Universitas, para pimpinan universitas dan fakultas, para dosen dan pegawai Univeritas Dr. Soetomo

Yang terhormat para rector unitomo sebelum saya dan juga yang saya hormati pimpinan perguruan tinggi sahabat,

Yang berbahagia para wisudawan dan keluarga wisudawan serta para undangan sekalian yang saya hormati

Dan tentu saja saya ingin memberikan penghormatan sekaligus menyampaikan selamat dating di wisuda Unitomo, kepada yang kita hormati dan sekaligus kita cintai, tokoh istimewa kita, Ibu Tri Rismaharini, Walikota Surabaya, kita berikan applaus untuk beliau.

Pertama, marilah kita panjatkan rasa syukur yang  mendalam keharibaan Allah swt, Tuhan Yang Maha Kuasa,  yang telah memberikan kepada kita semua rahmat  dan nikmatNya, sehingga kita bisa  berada dalam acara yang insyaallah penuh keberkahan, yaitu wisuda ahli madya, sarjana dan magister Universitas Dr. Soetomo Surabaya, periode Ganjil 2013/2014.

Selanjutnya pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya melaporkan kinerja tri dharma Universitas Dr. Soetomo dan kinerja bidang lain dalam kurun waktu semester ganjil 2013-2014.

  1. Bidang Pendidikan

Pada tahun akademik 2013/2014 telah dilakukan perubahan terhadap kurikulum semua program studi di lingkungan Unitomo.  Kurikulum baru didesain agar menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi keilmuan saja, tetapi juga mampu mandiri, berpikir modern  dan tetap beretika, Untuk itu kepada para mahasiswa dibekali mata kuliah pengembangan kepribadian wajib institusional antara lain pendidikan anti korupsi, kewirausahan dan koperasi serta manajemen bencana dan lingkungan.

Dan pada semester ganjil ini, patut kiranya kita berikan apresiasi 3 Orang mahasiswa Unitomo, yang telah berhasil meraih hibah wirausaha muda dari kementerian koperasi dan UKM Republik Indonesia dengan total hibah modal usaha sebasar Rp. 75.000.000,-  menyusul 7 mahassiwa dalam semester yang lalu yang telah mendapatkan hibah yang sama.

Penyelenggaraan pendidikan yang berkarakter juga telah mengantarkan lulusan unitomo untuk membuat karya-karya yang bermanfaat bagi sesama terutama di dibidang pendidikan, salah satu yang patut kami apresiasi adalah karya teknologi informasi dari sdr. Ririn Triastiningsih yang menciptakan media pembelajaran anak-anak usia dini sehingga mudah mengenal warna dan belajar angka, begitu juga dengan karya sdr Zamrozi, ditengah-tengah sulitnya mendapat game-game yang mendidik, mahasiswa sdr Zamrozi  melahirkan  karya gamenya yang bernuansa heroic dengan mengangkat peristiwa 10 Nopember hari pahlawan.

Para hadirin yang saya hormati, kiranya perlu pula saya laporkan dalam kinerja bidang pendidikan bahwa pada semester ganjil ini kita telah menerima pengabungan akademi kebidanan surya sehat menjadi salah satu program studi kita, sehingga menyambut tahun akademik 2014/2015 telah bertambah satu prodi lagi unitomo yaitu Diploma III Kebidanana melengkapi pendidikan vokasi yang kita miliki DIII Sekretari. Untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada Ketua Yayasan Ganesya dan selamat bergabung kepada segenap para dosen dan mahasiswa akademi kebidanan.

  1. Bidang Penelitian

Saya sangat bangga karena gairah melakukan riset di unitomo semakin lama semakin meningkat, tidak hanya para dosen tetapi juga menggeliat kepada para mahasiswa.  Hal ini dapat dilihat dari banyaknya proposal penelitian yang dikirimkan oleh para mahasiswa dan dosen untuk disertakan dalam kompetisi hibah penelitian Direktoran Pendidikan Tinggi Kemendikbub RI. Dan pada semester ganjil ini dan insyaallah akan saya tandatangani kontraknya bulan april depan, sebanyak 21 mahasiswa unitomo (3 FE, 6 FT, dan 12 FKIP) memenangi hibah Program  Kreativ Mahasiswa (PKM) dengan total nilai Rp 53.287.000,-,  dan sebanyak 20 Dosen (4 FH, 7 FE, 5 FT, 1 FIA, 2 FIKOM, 1 FP) memenangi hibah penelitian dosen pemula dan penelitian desentralisasi dengan total nilai Rp. 461.500.000,-

Dan yang lebih membanggakan lagi adalah, tema-tema penelitian civitas akademika Unitomo mempunyai nilai yang bermanfaat bagi masyarakat, kalau pada semester genap lalu para peneliti unitomo menemukan kandungan zat yang berbahaya pada makanan rakyat , krupuk berborak dan beras yang berklorit, insyaallah pada bulan depan kita akan release penelitian kawan-kawan dsoen pertanian yang menemukan bahan-bahan herbal yang dpat menggantikan borax sebagai zat pengawet .

  1. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat

Selain pengabdian rutin berupa Kuliah Kerja Nyata yang kita lakukan setahun sekali, setidaknya saya mencatat tiga pengabdian masyarakat yang menonjol dalam semester ini.

Pertama, keberhasilan tiga orang mahasiswa FKIP Unitomo (Febriana Vrita Yukanthi, Dian Lailatul Islamiyati, Royyatul Mahbubah)memperoleh Hibah Bina Desa  sebesar Rp. 44.000.000,- yang telah memelopori pemberdayaan ekonomi masyarakat di kabupaten lamongan dengan mengusung konsep Tamyamsang (Tambak, Ayam dan Pisang) yang insyaallah akan bermanfaat meningkatkan pendapatan petani tambak. Selanjutnya yang patut saya apresiasi adalah kepekaan para mahasiswa pecinta alam (Mapalas), para relawan kampus, dan juga para dosen yang tergabung dalam Pusat Studi Bencana Bencana dan lingkungan terhadap korban gunung kelud. Keluar-masuk daerah-daerah yang berbahaya, tidak hanya menyalurkan bantuan bagi korban, tetapi juga membantu merehabilitasi psikologis korban, sekali lagi saya acungkan jempol buat kalian semuanya.

Dan yang yang ketiga adalah turunnya para pendekar pendidikan bangsa dari unitomo, betul-betul terinspirasi oleh perjuangan Dr. Soetomo yang menecerdaskan bangsa.  Saya sangat bangga pada 25 mahasiswa Unitomo, jumlah yang sangat besar jika dibandingkan mahasiswa Perguruan Tingi Lain. Keluar-masuk kampong Surabaya, bertemu dengan anak-anak bangsa yang kurang beruntung dalam pendidikan dalam program Campus social Responsibilty kerjasama dengan Pemkot Surabaya.  Insyaallah kita nanti akan menyaksikan kehebatan anak-anak bangsa tersebut, dan sekali lagi saya acungkan 2 jempol saya untuk kalian 25  dr. soetomo2 muda, semoga misi saudara berhasil.

Pada kesempatan ini izinkan saya menyampaikan juga terima kasih kepada BNI Graha Pangeran yang berkenan memberikan support untuk Unitomo dalam program CSR ini, dan tentu saja terima kasih pula kepada Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya atas kepercayaan yang telah diberika kepada anak-anak kami.

  1. Bidang Kerjasama

Semester ganjil 2013/2014 kita buka  Kerjasama dengan Badan Nasional Narkotika untuk mewujudkan Unitomo sebagai kampus yang bersih dari Narkoba, dan sebagai tindak lanjutnya telah dilatih 60 mahasiswa Unitomo sebagai kader anti narkoba BNNP Jawa Timur.

Uniomo juga dipercaya oleh Instituto Superior Cristal (ISC) Di Timor Leste, dimana Unitomo dipercaya  sebagai sebagai  mitra untuk membina SDM dan kelembagaan di Institut tersebut, begitu juga kerjasama dengan Setsunan University Osaka Jepang, pada semester ini telah datang untuk menimba ilmu di Unitomo, 7 orang mahasiswa dari Jepang.  Unitomo juga menjadi pusat rujukan bagi perguruan tinggi di Negara tetangga khususnya Malasyia dalam rangka menstudi keanekaragaman budaya, dan telah ditandataangani MOU antara Unitomo dengan Universitas Sains Islama Malasyia. Kerjasama-kerjasama internasional ini sejalan dengan visi unitomo kedepan menjadi kampus yang unggul berstandar internasional.

Yang masih menjadi komitmen UNitomo dalam memberikan kesempatan belajar bagi atlet-atlet berprestasi , tidak ketinggalan adalah Kerjasama dengan KONI Jatim. Kerjasama ini membuat kesan yang hampir melekat pada Unitomo sebagai Kampus Atlet Jawa Timur.

  1. Bidang Kemahasiswaan

Medali Emas dalam kejuaraan Karate dalam POMNAS di Yogya. an.   Sisilia Agustiani dari UKM Karate, dan Alhamdulillah yang bersangkutan dipercaya masuk dalam PELATNAS Karate dalam rangka menyongsong Sea Games 2014.

Anak-anak dari UKM Sepakbola/Futsal pun juga menunjukkan prestasinya dalam semester ini dengan memenangi kejuaran Futsal antar mahasiswa se- Surabaya di Univ Airlangga.

Satulagi,  aktivis UKM Paduan Suara Gita Cendekia Utama sdr. Alvinatul Mufidah berhasil  masuk dalam babak final Akademi Dangdut Indonesia. Keberhasilan-keberhasilan tersebut sungguh sangat membanggakan dan tentu saja hal itu tidak  lepas dari peran para Pembina kemahasiswaan dan tidak ketinggalan pula peran Presiden BEM Univ.  sdr Victor Tanasale, yang hari ini juga menjadi salah satu wisudawan. Saya menyampaikan selamat dan terima kasih atas pengabdiannya.

Itulah beberapa hal yang perlu saya laporkan sebagai pertanggunjawaban atas amanah yang telah diberikan kepada saya selaku Rektor Universitas Dr. Soetomo, dan terakhir saya ingin ucapkan  selamat kepada para wisudawan dan keluarga, selamat jalan anak-anakku…. Buatlah almamater ini bangga  dengan mengukir prsetasi setinggi-tingginya… semoga Allah swt selalu menyertai langkah-lahkah kalian.

Kurang lebihnya mohon maaf

Billahittaufi wal hidayah

Wassalamualaikum wr. Wb.

Share This: