Okie Dita Apriyanto Dosen Muda Berprestasi Fakultas Sastra Unitomo

Tulis Buku Untuk Beasiswa

Bergabung dengan beberapa penerima beasiswa yang menjalani masa studinya di Osaka-Nara Jepang, saya menulis buku yang

Oki Bermain Salju di pegunungan Jepang
Oki Bermain Salju di pegunungan Jepang

berjudul “Menghidupkan Mimpi Ke Negeri Sakura”. Buku tersebut berisikan beberapa kisah inspiratif beberapa penulis tentang alang rintang yang dilaluinya hingga bisa meraih beasiswa studi di Jepang.
Hasil royalty dari penjualan buku tersebut seratus persen disumbangkan pada “Taiyo Indonesia Foundation” yang merupakan lembaga penyalur beasiswa bentukan Persatuan Pelajar Indonesia Osaka-Nara. Lembaga ini dibentuk dengan tujuan membantu murid-murid SD di Indonesia yang sekolah di daerah terpencil.
Hasil donasi dari teman-teman PPI-ON ditambah royalty penjualan buku “Menggapai Mimpi Ke Negeri Sakura” tahap pertama disalurkan pada SD Sindang Mekar 3 Garut berupa bantuan seragam, tas, sepatu dan seperangkat alat tulis demi memberi motivasi adik-adik SD di wilayah terpencil agar terus bersekolah demi meraih cita-citanya.

Di Jepang Kenalkan Indonesia, Di Indonesia Kenalkan Jepang

Pada saat masih menjadi mahasiswa S-1 Sastra Jepang Universitas Dr Soetomo, saya mendapatkan beasiswa 1 tahun untuk studi di Chiba, Jepang. Disitu saya bertemu dengan “Yosakoi”, tarian tradisional Jepang yang sebetulnya sudah masuk ke Indonesia.

Bergaya sebelum pentas angklung bersama mahasiswa asal Indonesia
Bergaya sebelum pentas angklung bersama mahasiswa asal Indonesia

Yosakoi masuk ke Indonesia dikarenakan Surabaya mempunyai hubungan sister city dengan Kochi, Jepang dimana dari kota itulah Yosakoi lahir. Tapi, yosakoi yang saya lihat di Chiba sangatlah berbeda dengan yang selama ini dikenal warga Surabaya. Untuk itu, saya memutuskan untuk bergabung dengan tim Yosakoi Chiba selama 1 tahun demi “mencuri” ilmu Yosakoi untuk diperkenalkan di Surabaya.
Kembalinya ke Surabaya, saya membentuk sebuah tim Yosakoi di Unitomo yang saya namakan “Tomoyo Soran”. Tentunya dengan tujuan mengenalkan Yosakoi yang lain, yang beda dari tim Yosakoi yang sudah ada sebelumnya.
Lulus dari S-1 Unitomo, saya langsung ditawari untuk menjadi dosen, dimana hal tersebut menuntut saya untuk melanjutkan studi saya ke jenjang lebih tinggi. Syukurnya, saya berhasil meraih beasiswa Pemerintah Jepang MEXT yang akan saya tempuh 3 tahun.

Pekan olahraga PPI-Kansai di Osaka Jepang
Pekan olahraga PPI-Kansai di Osaka Jepang

Setiap liburan musim panas seperti ini, saya sempatkan diri untuk pulang ke Indonesia demi bertemu Tomoyo Soran dan menari bersama mereka. Tapi, tak seperti kacang yang lupa kulitnya, ketika saya melaksanakan studi S-2 di Osaka Jepang, saya berusaha menjadi duta budaya Indonesia dadakan dengan mengenalkan Angklung dan Tari Saman.
Saya asli Surabaya, dan seumur hidup baru memegang angklung di Osaka, dan Tari Saman pun jujur saya tidak pernah melihat. Tapi demi mengatasi homesick, saya mengikuti latihan bersama teman-teman Sanggar Budaya Osaka-Nara dan bahkan mengadakan pentas budaya di negeri orang itu membuat kami merasa bak artis yang go internasional melebihi Agnes Monica.

Pentas Tari Saman di Pentas Seni indonesia Osaka 2014
Pentas Tari Saman di Pentas Seni indonesia Osaka 2014

Sebagai pembelajar dan pengajar bahasa, saya perlu mengetahui budaya dari bahasa yang saya ajarkan. Mengenalkan atau bahkan mengajak murid saya untuk ikut mendalami Yosakoi, bisa jadi merupakan motivasi lain mereka untuk belajar bahasa Jepang. Namun tak lupa sebagai seorang Indonesia yang beruntung mendapat kesempatan belajar di negeri orang, alangkah baiknya kita mengenalkan budaya bangsa kita agar Indonesia lebih dikenal secara baik di mata Internasional.

 

 

 

Gallery Foto :

Bersama Tim Tari Chiba Chiyoren Hokutenkai Osaka Jepang
Bersama Tim Tari Yosakoi Chiba Chiyoren Hokutenkai Osaka Jepang
Bersasma Tim Tari Saman Sanggar Budaya Osaka 2014
Bersasma Tim Tari Saman Sanggar Budaya Osaka 2014
Bersama Tomoyo Soran Tim Yosakoi Unitomo
Bersama Tomoyo Soran Tim Yosakoi Unitomo

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website