Fakultas Sastra Unitomo Luluskan Mahasiswa Asing Tiga Negara

Ki-Ka : Jose Soares dari Timor Leste, Rena Kusumoto dari Jepang dan Gokhan Kilic dari Turki
Ki-Ka : Jose Soares dari Timor Leste, Rena Kusumoto dari Jepang dan Gokhan Kilic dari Turki

Bertempat di Ruang Mangkunegara Hotel Narita Surabaya Senin (25/8) Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) gelar Yudisium melepas 54 mahasiswa menjadi calon wisudawan Unitomo.
Diantara yang menarik dari pada calon wisudawan itu terdapat beberapa mahasiswa dari negara Turki, Timor Leste dan Jepang.
Menurut Syamsuri Ariwibowo Dekan Fakultas Sastra, keberadaan beberapa mahasiswa asing ini merupakan bentuk kepercayaan negara asing kepada fakultas sastra Unitomo.
“Dari awal masuk kami selalu memperhatikan kebutuhan akademik mereka seperti dosen pembimbing khusus dan membantu birokrasinya dengan pemerintah” ujarnya.
“Dan alhamdulillah mereka cepat memahami materi dan lulus tepat waktu, contohnya Jose Soares dari Timor Leste dan Gokhan dari Turki itu”, imbuhnya.
Dalam kesempatan itu Gokhan Kilic mahasiswa program studi sastra Inggris yang berasal dari negara Turki mengatakan puas dengan proses pelayanan yang di dapatnya di Unitomo selama kurang lebih 4 tahun ini.
“ Saya berasal dari Urdu Turki, orang tua saya petani kacang hazelnut. Dari kecil saya ingin sekolah di luar negeri terutama di benua Asia”, tutur peraih IPK 3,75 ini.
“Semula saya ndak bisa bahasa Indonesia, tapi syukur banyak teman-teman himajur sastra yang sering membantu saya berkomunikasi”, ujarnya lancar dalam bahasa Indonesia.
Ketika ditanya rencana selanjutnya Gokhan menjawab akan mengabdikan ilmunya untuk Indonesia.
“Saya ingin cari pengalaman kerja disini, Saya sudah jatuh cinta dengan Indonesia”, katannya menutup percakapan.
Dari 54 mahasiswa yang di Yudisium terdiri dari 41 Mahasiswa Prodi Sastra Inggris dan 13 mahasiswa dari prodi Sastra Jepang.

Share This: