Pelatihan dan Ujian Calon Asessor Kompetensi Tahap II

IMG_20150417_171626Pelatihan dan Ujian Asessor Kompetensi Tahap II yang diadakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unitomo pada tanggal 14 hingga 17 April 2015 resmi dibuka oleh Bapak Rektor DR. Bahrul Amiq S.H, M.H.

Pada pelatihan ini diikuti 18 peserta, 10 peserta berasal dari lingkungan unitomo dan 8 dari pihak luar kampus baik secara invidu maupun atas nama lembaga, diantaranya perwakilan dari Puskesmas Pucang Sewu Surabaya, Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur, Koperasi Wanita SBW Jawa Timur.

Pelatihan diberikan oleh Master Asessor dari pihak BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Ibu Lisa Natalia dan Ibu Fitri Kusuma W.  Dalam penyampaian materi dijelaskan pula fungsi dan tujuan diadakannya lembaga sertifikasi profesi yang terkreditasi. Sebagian besar materi mengacu kepada tatacara pelaksanaan asessment dan penyusunan Tinjauan Unjuk Kerja (TUK) bedasar pada Unit dan Skema Kompetensi sesuai dengan profesi.

Terdapat 3 tahap dalam pelaksanaan pelatihan yaitu penyusunan Role Play selama dua hari, Asessment Mandiri dua hari berikutnya dan Real Asessment (Ujian) yang akan direncanakan dalam minggu ini dan di uji oleh Master Asessor dari BNSP Pusat.

Direktur LSP Unitomo DR. Ir. Suyanto, MM., berharap dalam pelatihan ini agar dapat menghasilkan asessor yang turut mengembangkan LSP yang ter lisensi oleh BNSP sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi kepada institusi pendidikan pada umumnya dan calon lulusan unitomo khususnya, dibekali dengan kompetensi profesi sesuai bidangnya.

Sertifikasi kompetensi profesi diakui dan berlaku dalam skala Asean, sehingga lulusan yang telah ter sertifikasi, kompetensinya dapat digunakan dalam persaingan tenaga kerja dimanapun dalam lingkup Asean.

Share This: