Seminar Bangun Karakter Bangsa Lewat Silat

Seni pernafasan pencak silat Perisai Diri
Seni pernafasan pencak silat Perisai Diri

Bertempat di Auditorium Ki. Moh. Saleh Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), Rabu (07/10) Paguyuban Keluarga Silat Nasional Perisai Diri 1955 bekerjasama dengan Unitomo menggelar Seminar dengan tema “Menyatukan Sinergi Pengembangan Pencak Silat Dalam Rangka Persatuan dan Kesatuan Bangsa Pada Era Globalisasi (Pelaksanaan AFTA / ASEAN Free Trade Area 2015)”. Seminar dihadiri kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Propinsi Jawa Timur, pejabat Binmas Polda Jatim, para pendekar pencak silat, para akademisi, serta mahasiswa.

Sambutan dari Kepala BAKESBANGPOL, Drs. Jonathan Judianto, MMT
Kepala Bakesbangpol Prop. Jatim,  Drs. Jonathan Judianto MMT, saat memberi sambutan.

Seminar dibuka Kepala Bakesbangpol, Drs. Jonathan Judianto, MMT. Dalam sambutannya Jonathan mengatakan, pencak silat sebagai budaya asli Indonesia perlu terus dilestarikan untuk membangun karakter bangsa. “Bahkan dengan memahami filosofi pencak silat, kita juga akan bisa memfilter budaya asing yang masuk ke Indonesia, karena melalui pencak silat, kita diajarkan cinta tanah air, budaya bangsa dan orang tua”, demikian paparnya.

sambutan rektor unitomo
Rektor Unitomo Dr. Bachrul Amiq, SH, MH

Dalam kesempatan itu Rektor Unitomo, Dr. Bachrul Amiq, SH, M.Hum juga turut memberi sambutan. Rektor ke-8 Unitomo ini menegaskan komitmen Unitomo untuk membangun karakter bangsa melalui pencak silat. “Sejak dulu melalui UKM Perisai Diri, Unitomo telah banyak melahirkan atlet berskala nasional maupun internasional, dan hari ini kami pun siap memfasilitasi sebagai tempat latihan seni pernafasan Perisai Diri”, ujar doktor di bidang ilmu hukum ini. Menegaskan komitmen ini, seusai memberi sambutan, dilakukan penandatanganan kerjasama antara Unitomo dengan Paguyuban Keluarga Silat Nasional Indonesia tahun 1955.

Secara keseluruhan, acara seminar ini diawali dengan sajian tari Kuntulan khas Banyuwangi, kemudian demo pencak silat Perisai Diri yang diperagakan para anggota Satpol PP Propinsi Jatim, serta atraksi panahan dari salah satu warga Perisai Diri.

Sebagai inti acara, dilangsungkan seminar pencak silat dengan nara sumber Ketua IPSI Jatim, Drs. Supratomo, M. Si; Ketua Yayasan Kesilatnas Perisai Diri 1955, Dr. I Komang Wiarsa Sarjana, Prof. Dr. Made Warka, SH, M.Hum (dari kalangan akademisi), serta pejabat Binmas Polda INMAS POLDA Jatim, Sumiartono, SH, MH.

Galeri Foto

Penandatanganan surat kerjasama anatara Unitomo dan Paguyuban Kesilatnas Perisai Diri 1955
Penandatanganan surat kerjasama anatara Unitomo dan Paguyuban Kesilatnas Perisai Diri 1955
 Nara sumber Seminar Silat
Para nara sumber.

 

Aksi panahan
Aksi panahan

 

Aksi tari Kuntulan khas Banyuwangi
Aksi tari Kuntulan khas Banyuwangi

 

Aksi senam dasar Perisai Diri Oleh anggota SATPOL-PP Proponsi Jatim
Aksi senam dasar Perisai Diri Oleh anggota Satpol PP Propinsi Jatim

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website