Agendakan Kunjungan Balasan Ke Unitomo Desember

Catatan Dari Lawatan Kerja Unitomo Ke Thailand – Bagian III

Hari ke dua, Selasa (17/11) sesuai jadwal kampus yang dituju ialah Bhurapa University (BU). PTN dengan hampir 27 ribu mahasiswa ini memiliki kampus yang tersebar di 3 propinsi — Chon Buri, Chanta Bhuri & Sakaeo. Rombongan menuju ke kampus utama yang terletak di Chon Buri, tepatnya kawasan Bangsaen, Saen Sook, Distrik Muang, karena di sinilah letak kantor presidennya berada.

Sekitar jam 8 pagi rombongan sudah meninggalkan hotel, karena perjalanan menuju Bangsaen memakan waktu 2 jam lebih. Meski lumayan lama, namun perjalanan terasa nyaman sebab hampir 80% melalui jalan tol. Maklum Bangsaen adalah daerah wisata yang dekat dengan pantai yang terkenal itu, Pattaya.

Dr. Ritthikorn Siriprasertchok, Acting Assistant President of BU menyambut dan menerima rombongan di Conference Room lantai 8 kantor President’s Office bersama beberapa pimpinan fakultasnya. Setelah saling memperkenalkan diri dan bertukar kartu nama, Dr. Ritthikorn — yang akrab dipanggil Kendo — langsung memimpin jalannya pertemuan dengan merangkap sebagai MC sekaligus mewakili tuan rumah memberi sambutan dan memaparkan segala hal ikhwal mengenai BU.

DSCN5507 - Copy
Suasana pertemuan di Bhurapa University

Rundown acaranya hampir sama seperti saat di RMUTT. Setelah menyampaikan sambutan Dr. Kendo memberi kesempatan Dr. Bachrul Amiq untuk juga memberi sambutan mewakili delegasi Unitomo. Bedanya, sesi diskusi antar dekan tidak dilangsungkan di ruang pertemuan dalam, tapi on the spot di beberapa fakultas dalam kelompok-kelompok kecil.

Rektor Unitomo Dr. Bachrul Amiq pun akhirnya membagi anggota delegasinya sesuai fakultas yang akan dituju. Dari 23 fakultas yang dimiliki BU, hanya sekitar separuh diantaranya yang berada di kampus Bangsaen, Chantaburi. Sisanya tersebar di kampus-kampus lain.

DSC00485
Diskusi di salah satu ruang pimpnan Bhurapa University

Meski nama-nama fakultasnya beda dengan yang ada di Unitomo, namun hampir semua program studi yang dimiliki Unitomo sebenarnya juga terdapat di BU. Program studi Ilmu Hukum misalnya, di BU masuk Faculty of Political Science and Law. Begitu pun program studi Administrasi Publik, masuk fakultas ini; bukan Fakultas Ilmu Administrasi seperti halnya di Unitomo. Ada juga lainnya yang tidak lazim di kampus-kampus Indonesia. Program studi Administrasi Bisnis yang di Unitomo masuk Fakultas Ilmu Administrasi atau Akuntansi yang biasanya masuk Fakultas Ekonomi, di BU keduanya masuk Faculty of Management and Tourism.

Diskusi antar dekan yang berlangsung on the spot ini ternyata berlangsung cukup gayeng. Sambil melihat sejumlah fasilitas seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan sebagainya, mereka membahas isi draft MoA yang akhirnya disepakati untuk ditindaklanjuti segera setelah ditandatangani pimpinan masing-masing universitas. Sama seperti di RMUTT, di BU juga tidak bisa dilaksanakan acara penandatanganan MoU, sebab presiden BU memang tidak ada di tempat.

IMG-20151117-WA0039
Dr. Bachrul Amiq dan Dr. Kendo bertukar cindera mata.

Namun, menurut Dr. Kendo, hal ini tidak masalah sebab draft-nya sebenarnya sudah diterima, sudah dipelajari dan pada prinsipnya sudah disetujui. “Justru dari diskusi yang berlangsung hari ini ada beberapa perbaikan yang disepakati untuk dimasukkan dalam MoU dan sekaligus MoA supaya bisa lebih implementatif”, ujar Kendo.

Tentang penandatanganan kedua berkas ini, tambah Kendo, sudah diputuskan bahwa ia akan segera mengajukannya ke presiden universitas. “Setelah ditandatangani, saya akan membawanya ke Surabaya untuk diacarakan. Jadi di Unitomo nanti, tinggal bapak rektor yang menandatangani berkas-berkas tersebut, sebab presiden BU sudah menandatanganinya di sini”, ujarnya yang langsung disambut tepuk tangan seluruh delegasi Unitomo maupun BU.

DSCN5538 - Copy
Berfoto bersama di depan President’s Office Bhurapa University

Rencananya, Dr. Kendo akan tiba di Surabaya 7-8 Desember. Selain menghadiri acara penandatanganan MoU dan MoA antara Unitomo dan BU, ia juga dijadwalkan akan menjadi salah satu pembicara dalam seminar internasional bertema “Internationalization of Higher Education in ASEAN Content” yang akan digelar di Auditorium Ki H. Mohammad Saleh Gedung F Lantai 5 Kampus Unitomo Selasa (8/12).

Cukup lama waktu yang dihabiskan rombongan di kampus BU. Di sela pertemuan, rombongan juga dijamu makan siang di lantai 4 President’s Office. Lauknya makanan khas tradisional Thailand yang meski terasa agak asing di lidah namun cukup nikmat. Apalagi disajikan sudah hampir jam 2 siang.

Tepat jam 3 sore, rombongan pergi meninggalkan kampus BU. Dalam perjalanan pulang ke hotel, rombongan menyempatkan diri mampir ke pantai Pattaya dan menonton kabaret waria yang terkenal ke seantero dunia itu. (dp)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website