PKTS-UNITOMO Bekali Mahasiswanya dengan Amunisi menghadapi Dunia Kerja

Rektor meresmikan PKTS Unitomo didampingi wakil 5 perusahaan

“Selamat datang ke dunia nyata,” ujar seorang teman memberi ucapan selamat kepada rekannya yang baru lulus dan diwisuda. Gambaran itu mungkin terdengar terlalu berlebihan, tetapi itulah yang memang terjadi di dunia kerja. Tuntutan di dunia kerja sangatlah berbeda dari apa yang dirasakan di bangku kuliah. Untuk menyiasati hal tersebut calon lulusan perguruan tinggi perlu mengetahui apa saja yang menjadi hal penting untuk bisa memenuhi tuntutan tersebut.

Suatu kebanggaan bagi sebuah perguruan tinggi ketika mencetak calon lulusannya menjadi tenaga kerja yang berkualitas. Salah satu indikatornya adalah ketika almamaternya dapat menembus atau siap bersaing di dunia kerja atau bahkan menciptakan suatu lapangan pekerjaan.

Khrisna Arie Prasetya dari PT. TRANSVISION menandatangani MoU dengan Unitomo tentang kerjasama recruitment dan pelatihan
Khrisna Arie Prasetya dari PT. TRANSVISION menandatangani MoU dengan Unitomo tentang kerjasama recruitment dan pelatihan

Oleh karena itu, Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO) Surabaya mengawali tahun 2016 dengan membentuk Divisi Pusat Karir dan Tracer Study (PKTS) sekaligus menugaskan Tim Pengelola Pusat Karir dan Tracer Study yang diketuai oleh Ahmad Hatip, S.Pd., M.Pd. didampingi oleh Anik Vega Vitianingsih, S.Kom., MT. selaku Peneliti Bidang Tracer Study dan Siska Armawati Sufa, S.Sos., M.I.Kom. selaku Peneliti Bidang Pengembangan Karir.

Secara resmi, divisi PKTS diresmikan oleh Rektor UNITOMO Surabaya pada Selasa lalu (29/3) ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan kerjasama (MoU) antara UNITOMO Surabaya dengan beberapa perusahaan yang kemudian dilanjutkan dengan seminar bertema ’Menyongsong Dunia Kerja dengan Kompetensi Handal’ serta open recruitment dari 4 perusahaan yang dilakukan di beberapa kelas yang telah disediakan panitia penyelenggara di gedung F lantai 5, Kampus Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Jalan Semolowaru 84 Surabaya. “Selain untuk memberikan bekal kepada lulusan UNITOMO dalam menghadapi kehidupan di masyarakat, PKTS dibentuk dalam rangka berkoordasi dengan pihak lain selaku stakeholder di luar lingkungan kampus,” papar Dr. Bachrul Amiq, SH., MH. selaku Rektor Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

Marketing Relations of Jobstreet, Satya Sultanudin sedang menandatngani MoU dengan Rektor Unitomo
Marketing Relations of Jobstreet, Satya Sultanudin sedang menandatngani MoU dengan Rektor Unitomo

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Career Center Universitas Dr. Soetomo Surabaya sebagai perwujudan dalam rangka mencetak lulusannya menjadi tenaga kerja berkualitas adalah adanya program Persiapan Menyongsong Dunia Kerja yang diharapkan dapat membantu mahasiswa, terutama yang akan lulus dan baru saja lulus, untuk siap menembus dunia kerja maupun berwirausaha dengan mengenali dan mengoptimalkan potensi: Kecerdasan intelektual, Kecerdasan emosional, Sikap kerja, Jiwa Kepemimpinan, Mengatasi kecemasan menghadapi psikotes, Sikap tenang dan wajar ketika wawancara, Self presentation dalam wawancara, Negosiasi dan bargaining gaji, serta Public Speaking.

Sehingga potensi dan prestasi dari calon lulusan Universitas Dr. Soetomo Surabaya dapat diandalkan sesuai dengan bidang keilmuwan yang telah diperolehnya semasa kuliah sekaligus mumpuni dalam bidang pekerjaannya di masyarakat serta adanya pembekalan dalam hal soft skill kepada masing-masing lulusan.

“Setelah wisuda, para alumni kami akan bersaing dengan alumni dari perguruan tinggi lainnya, sehingga UNITOMO dalam hal ini membekali dengan amunisi lengkap sebelum melepaskan mereka semua berperang di dunia kerja melalui seminar dan pelatihan,” ujar Drs. Mulyanto, M.Hum. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama antar Lembaga yang bertanggung jawab langsung terhadap divisi PKTS UNITOMO Surabaya.

Khrisna-Arie-Prasetya-dari-PT-TRANSVISION-sedang-memberikan-presentasi-tentang-dunia-kerja-pertelevisian
Khrisna-Arie-Prasetya-dari-PT-TRANSVISION-sedang-memberikan-presentasi-tentang-dunia-kerja-pertelevisian (insert-Siska Armawati Sufa, S.Sos., M.I.Kom. selaku Moderator Seminar)

Acara seminar menghadirkan pembicara Marketing Relations of Jobstreet, Satya Sultanudin dan Marketing Recruitment of Transvision, Khrisna Arie Prasetya. Dalam acara tersebut, hadir pula Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya, HRD dari PT. Salam Pacific Indonesia Lines, Marketing PR dari PT. Atlantic Biru Raya (Cheers Indonesia),  HRD dari PT. Pharos Indonesia, HRD dari Prusmart Young dan Kepala Cabang BNI 1946 Graha Pangeran Surabaya.

Turut diundang pula seluruh jajaran dekanat UNITOMO Surabaya dan diikuti oleh sekitar 400 orang mahasiswa serta sivitas akademika UNITOMO Surabaya, bahkan terdapat pula peserta dari luar kampus UNITOMO yang tertarik menjajal kompetensinya dlam sesi open recruitment [sas].

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website