BKKBN Jatim Kerjasama dengan Unitomo Sukseskan KKBPK

Penandatangan Mou. antara Unitomo dengan BKKBN Propinsi jawa Timur

Bertempat di Hall Saint Marry Hotel The Empire Palace Surabaya,  Rabu (22/2)  Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluaraga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kependudukan, Keluarga Berencana dan , Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Kita Tingkatkan Kualitas Manusia Indonesia yang Memiliki Karakter Bangsa dalam kerangka NKRI.

Rapat yang di hadiri oleh seluruh perwakilan BKKBN Jawa Timur perwakilan Perguruan Tinggi, Badan Diklat Jatim serta beberapa mitra BKKBN seperti Perkumpulan Juang Kencana dan Jaringan Radio Komunitas ini berlangsung dengan antusias dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Jatim yang dalam hal ini wakili oleh Zainal Muhtadien selaku Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim.

Zainal Muhtadien, SH, MM selaku pejabat yang mewakili Gubernur Jatim sedang membacakan Sambutan Pembukaan dari Gubernur Jatim

Dalam sambutan tertulis Gubernur Jatim yang dibacakan langsung oleh Zainal, ia menyampaikan apresisinya atas penyelenggaraan Rakorda ini mengingat prestasi yang telah ditoreh BKKBN Jawa Timur sangat memuaskan terutama dalam pengendalian jumlah penduduk Jatim yang tumbuh seimbang. Meskipun menurut Sensus tahun 2015 lalu ditemukan 28% pasangan muda di Jatim yang tidak ber-KB.

“Ini tugas berat dan sudah waktunya semua pihak yang terkait harus tampil membantu  program BKKBN seperti penyuluhan, pengendalian jumlah penduduk, advokasi dan pemberdayaan masyarakat”, ujar Zainal ketika membacakan sambutan Gubernur.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim Drs. Kushindarwito, MAP menerima cinderamata dari Rektor Unitomo usai penandatangan MoU.

Menurut  Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Kushindarwito mengatakan Rakorda ini merupakan tindak lanjut Rakornas dan Rakornis Program Kependudukan. Keluarga Berencana dan Pembangunan  Kelurga (KKBPK) beberapa bulan lalu di Jakarta.

“Disamping mendukung penuh program Nawacita dari Presiden pada Rakor tahun ini kami ingin dukungan dan komitmen operasional semua pihak termasuk perguruan tinggi untuk ikut mensukseskan program KKBPK”, katanya disela-sela acara.

“Unitomo kami tunjuk untuk ikut bekerja sama dengan kami tentang revitalisasi program KKBPK dalam mendukung keterpaduan Tri Dharma Perguruan Tinggi diantaranya yaitu Pemberian Materi KKBPK di perkuliahan, Penelitian bersama dan Pengabdian masyarakat”, imbuhnya.
Penandatangan MoU dilaksanakan antara BKKBN Jatim dengan beberapa mitranya dan Universitas Brawijaya Malang (UNBRAW) dan Universitas Dr. Soetomo Surabaya (Unitomo) .

Ketika ditemui usai penandatangana MoU Bachrul Amiq Rektor Unitomo mengaku bangga dengan dipilihnya Unitomo sebagai mitra BKKBN Jatim. “Sivitas Akademika Unitomo menyambut baik kerjasama ini dan setelah ini akan kami support dan kondisikan tindaklanjutnya terutama membuat juknis pelaksanaan advokasi, komunikasi informasi dan edukasi program KKBPK ini”, kata doktor ilmu hukum ini.

Bachrul Amiq juga mengatakan, dengan adanya kerja sama ini diharapkan kedepannya akan pula berimbas terciptanya generasi muda mahasiswa Unitomo yang tangguh dan tanggap dalam menghadapi berbagai masalah remaja seperti narkoba, seks bebas, HIV/AIDS sehingga diharapkan nantinya dapat tercipta keluarga yang kuat, dan mandiri dan terhindar dari berbagai persoalan-persoalan kependudukan. (ADB).

Share This: