Tingkatkan Minat Akuntansi Hima Akuntansi FEB Unitomo Gelar TOAC 2017

Iffa Ketua Hima Akuntansi FEB Unitomo menandatangani MoU bersama IAI Anggota Muda disaksikan oleh Rektor-Unitomo dan Dekan FEB Unitomo(WIL)

Seperti pada dua tahun sebelumnya kal ini Minggu (5/3) di Kampus Unitomo Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr.  Soetomo (Hima Akuntansi –FEB Unitomo) gelar Olimpiade Akuntansi khusus bagi siswa SMA dan SMK se Jawa Timur.

Perlombaan bidang akuntansi ke-3 ini dinamai Unitomo Accounting Challenge (TOAC) ini bertajuk “Be The Real Accounting” di hadiri 350 siswa- siswa SMA dan SMK se Jawa Timur dan guru pendampingnya.

Menurut Fakhriyatul Iffadah Ketua Hima Akuntansi bahwa kegiatan ini di desain untuk menguji keterampilan siswa SMA dan SMK guna menciptakan kompetisi yang sehat di kalangan siswa tentang penguasaan konsep dan teknis akuntansi yang di pelajari di bangku sekolah dengan dikaitkan dengan issu global seperti MEA dan anti korupsi. “Disamping teknis di sini nanti akan kami uji pula kemampuan presentasi serta debat mereka  tentang realita akuntansi yang sebenarnya”, ujar mahasiswi semester 6 ini.

salah satu peserta Olimpiade sedang-bersiap mengerjakan soal Akuntansi pada Babak Penyisihan Pertama.(WIL)

“Disamping ingin mensosialisasikan profesi akuntansi di kalanagan siswa SMA dan SMK, kami menyadari sebagai mahasiswa di bidang akuntansi harus bersiap untuk nantinya berprofesi sebagai sebagai akuntan yang punya integritas dan networking yang luas. Untuk itu di kegiatan ini Hima Akuntansi Unitomo telah mendatangani MoU dengan IAI Muda Jatim agar secara otomatis Mahasiswa  prodi Akuntansi yang berminat dapat menjadi Anggota Muda IAI”, paparnya.

Ditemui disela acara Dr. Nur Sayidah Dekan FEB Unitomo mengaku sangat mengapresiasi kinerja Hima Akuntansi terutama dalam persiapan pelaksanaan TOAC ke -3 ini.

Peserta Cerdas Cermat dari SMA Kristen Kalam Kudus Surabaya sedang serius menjawab pertanyaan dari Dewan Juri (WIL)

“Animo siswa SMA dan SMK yang mengikuti Olimpiade tahun ini mengalami peningkatan dua kalinya. Apa lagi kegiatan lombanya dilaksanakan dengan cara yang Fun seperti acara quiz di televisi”,kata doktor ilmu akuntansi ini.

Terkait MoU antara Hima Akuntansi FEB Unitomo dengan Ikatan Akuntansi Indonesia Muda Jatim (IAI), Dekan FEB Unitomo yang baru dilantik awal Januari ini berjanji  akan mensuport pengembangan profesi akuntansi di Jawa Timur yang dimulai sejak dini dengan mempersiapkan lulusan FEB – Unitomo sebagai praktisi akuntan yang menggeluti profesi sesuai bidang ilmu akuntansi. Diantaranya menjadi auditor akuntan publik, auditor internal perusahaan, auditor pemerintah di BPK dan BPKP, akuntan desa, serta akuntan pendidik (dosen) dan memperkuat regulasi profesi akuntansi. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas profesionalisme akuntan Indonesia, meliputi : peningkatan kualitas pendidikan akuntansi, kualitas sertifikasi profesi akuntansi.

Peserta Cerdas Cermat dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya (WIL)

“Karena tantangan ke depan profesi akuntan ini semakin berat  terutama di bidang keuangan dan perpajakan maka saya berharap agar sosialisasi minat pada ilmu akuntansi di kalangan siswa SMA dan SMK ini dapat terus ditingkatkan bahkan kalau bisa sampai ke tingkat propinsi dan nasional”,katanya menutup percakapan.

Sementara itu lomba – lomba di olimpiade akuntansi yang tengah berlangsung ini di bagi menjadi 4 sesi yaitu : Penyisihan, Cerdas Cermat, Presentasi Analisa Laporan Keuangan dan Debat kasus akuntansi.

Dr.Tarjo SE-M.Si_.CPAI. CPE yang juga Alumni FEB-Unitomo sedang memberikan paparan Motivasi kepada-siswa SMA SMK Peserta Olimpiade Akuntansi Unitomo (WIL)

Disela-sela acara lomba di selingi pula sesi motivasi profesi akuntan dari  Bapak Sugeng (Institut Akuntan Publik Indonesia Jatim) dan Dr. Tarjo SE, M.Si., CPAI, CPE (Director of Training ACFE Indonesia Chapter Jatim) yang juga alumni FEB-Unitomo.

Dari lomba-lomba yag berlangsung dengan sistem beregu itu akhirnya berhasil tampil sebagai juara Olimpiade Akuntansi TOAC 2017 ini adalah Juara I diraih oleh peserta dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya, dan Juara 2 di raih Tim dari SMA Kristen Petra 2 Surabaya, sedangkan Juara 3 diraih Tim dari SMKN 1 Bojonegoro.(ADB/WIL)

Gallery Foto :

suasana-babak-penyisihan TOAC 2017 (WIL)
Peserta-Cerdas-Cermat-dari-SMA-Kristen-Petra-2-Surabaya.(WIL)
sesi-pertama-lomba-cerdasr-cermat-yang-diikuti-oleh-5-tim(WIL)
Dekan-FEB-Dr.-Nur-Sayidah-berkenan-foto-bersama-dengan-Juara-1-Olimpiade-Akuntansi-TOAC-2017-Tim-dari-SMK-Kristen-Petra-1-Surabaya(WIL)
Ka.-Prodi-Akuntansi-FEB-Unitomo-Mustika-Winedar-SE-Ak.-MM-CA-foto-bersama-Tim-dari-SMA-Kristen-Petra-2-Surabaya-sebagai-juara-2-TOAC-2017(WIL)
Ketua-Pelaksana-TOAC-2017-Nindy-foto-bersama-Tim-dari-SMKN-1-Bojonegoro-sebagai-Juara-ke-3-TOAC-2017(WIL)
para-juara-TOAC-2017-foto-bersama(WIL)
Panitia-dan-para-juara-olimpiade-akuntansiTOAC-2017-foto-bersama(WIL)

Share This: