Hima Sastra Unitomo Gelar “Yume Wo Miyou” di JAF 2017

Rektor Unitoomo De. Bachrul Amiq, SH, MH bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Drs. Mulyono, M.Hum di daulat memukul Taiko sebagai tanda dibukanya JAF Unitomo

Bauran budaya Jepang di Unitomo terus menjadi hal yang menarik terutama bagi siswa SMA dan SMK Se Jatim dan Komunitas Penyuka Budaya Jepang, hal ini yang menjadikan Himpunan Mahasiswa (Hima) Sasta Jepang kembali menggelar acara Bunkasai (festival budaya musim semi ala Jepang) . Minggu (12/3), Bertempat di Auditorium Ki Moh. Saleh Unitomo, gelaran festival budaya Jepang ini dibuka dengan tarian Yosakoi dari Group Tomoyosoran Hima Sastra Jepang serta ditandai  simbolis dengan pemukulan Taiko (bedug Jepang) oleh Rektor dan Wakil Rektor bidang kemahasiswaan.

Mahasiswa Sastra Jepang memerkenalkan Chanoyu pada siswa SMA/SMK

Kegiatan Bunkasai yang di balut dengan jargon Japan Addict Festival (JAF) ini bertemakan “Yume Wo Miyou” atau bila diterjemahkan memiliki arti “Mari Kita Bermimpi”. Festival yang di hadiri 500 peserta ini terbagi menjadi beberapa lokasi acara di kampus Unitomo, dari lapangan gedung F, di lantai 2 hingga 5 gedung F Unitomo. Di setiap lantainya dilaksanakan lomba yang berbeda, dengan diikuti oleh 500 peserta dari SMA/SMK se-Jatim. Mulai dari lomba karaoke lagu Jepang, baca puisi bahasa Jepang, olimpiade Kanji, lomba Shodou, cerdas cermat dan lain sebagainya. Bahkan acara ini juga menawarkan beberapa suguhan seperti stan berfoto menggunakan “Yukata” (pakaian tradisional Jepang), “Chanoyu” (upacara minum teh tradisional Jepang), penampilan Cosplay, Musik, hingga “Obake Yashiki” (rumah hantu). 

Dance bernuansa Jepang menjadikan acara JAF semakin meriah

Fafa salah seorang siswa SMA Darul Ulum Waru Sidoarjo merasa terkesan bisa mengikuti keseruan JAF di Unitomo. Selain berantusias mengikuti lomba yang ditawarkan, siswa kelas 2 ini juga mengikuti keseruan wahana hiburan yang disuguhkan oleh panitia. “Bunkasai di Unitomo ini sangat seru, beda dengan Bunkasai ditempat lain. Disini ada rumah hantunya, yaa memang cukup tegang, tapi hantunya lucu-lucu.”, ujar siswi berkerudung ini sambil tersenyum.

Tarian Yosakoi disuguhkan oleh Hima Sastra Jepang

Ditemui di sela-sela acara, Cicilia Tantri Suryawati, Dekan Fakultas Sastra mengaku bangga dengan adanya Bunkasai ini. Karena acara tersebut sudah menjadi sebuah agenda tahunan bagi Fakultas Sastra khususnya Sastra Jepang. “Bunkasai ini tidak hanya menjadi sebuah ajang pesta Budaya Jepang, selain itu juga sebagai sarana kompetisi karena banyak lomba yang diadakan, sekaligus menjadi sarana mengenalkan Unitomo ke pengunjung dan Siswa-siswi SMA/SMK se-Jatim yang jadi peserta lomba”, ujarnya.(Wil/Ags)

Galery Foto :

Share This: