Himamen Unitomo Gugah Jiwa Bisnis Siswa SMA Lewat Seminar dan Lomba Business Plan

Safril Riza sedang memberikan paparan pada seminar tentang bisnis dan kewirausahaan di depan peserta (Wld)

Sabtu, (22/4) bertempat di Metta Hall Cassa Hotel Surabaya Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himamen) Unitomo menggelar Management Fair 2017 dengan kegiatan Seminar Bisnis dan Business Plan Competition serta turnamen futsal antar SMA seJatim.Adapun kegiatan Seminar Bisnis  yang dihadiri 180 peserta dari siswa SMA /SMK se Gerbangkertasusila ini di helat dengan tema Get Out From Your Comfort Zone to Your Risky Zone ini juga memamerkan berbagai hasil ide bisnis buatan peserta lomba tersebutyang nantinya akan dipilih oleh hadirin sebagai “the best product”.

Menurut Faizal Amri, ketua pelaksana Management Fair 2017 kegiatan ini adalah untuk kali pertama diadakan oleh Himamen Unitomo yang bertujuan untuk mewadahi ide bisnis anak muda kalangan SMA sederajat untuk berwirausaha. Menurutnya sudah masuk 20 proposal bisnis tapi sudah tersaring secara ketat 10 proposal yang akan di kompetisikan di ajang ini. “Saya sangat mengapreisasi semangat peserta siswa SMA yang mengirim proposal bisnis. Memang yang kami bidik adalah siswa SMA yang punya visi dan semangat berkreasi menuangkan ide kreatif bisnisnya. ujar mahasiswa manajemen semester II ini . Di samping seminar dan kompetisi bisnis ini kami juga menggelar pula turnamen futsal di kampus agar meriah”, kata mahasiswa berkacamata minus ini.

Rektor Unitomo Bachrul Amiq menyempatkan foto bersama nara sumber Safril Riza (WLD)

Hadir sebagai narasumber seminar bisnis tersebut Syafril Risa. Dalam paparan motivasi bisnisnya, ia banyak menjelaskan bagaimana cara membangkitkan “passion” bisnis dan merencanakan bisnis yang matang. “Kalau ingin berbisnis harus punya passion-hasrat. Karena itu cari passion bisnismu sesuai hobi agar ketika ide bisnismu dikerjakan akan terasa bahagia, tentunya semua sesuai dengan perencanaan yang matang”, kata konsultan manajemen ini.

Untuk mengetahui passion diri, seseorang harus mencarinya. Caranya, dengan mengikuti beberapa aktivitas yang disuka. Lalu total di dalam. “Mumpung masih muda, silahkan hidup dalam passion,”imbuhnya

Cak Husni Mubarok pemilik usaha Bakso Abah Killer sedang sharing pengalamannya di Seminar Bisnis Himamen (WLD)

Dalam materi wirausaha ia pun banyak memberi contoh kasus gagalnya bisnis karena kurang perencanaan, “Perencanaan bisnis yang akan dilakukan khususnya pemasaran harus serius agar produk yang akan dipasarkan bisa berhasil dan menjadi “brand market”.

“Menjadi wirausahawan muda itu haruslah optimis, namun jangan menyepelekan perencanaan bisnisnya. Dan yang penting harus berani ambil resiko, apapun resikonya harus dihadapi”,kata konsultan gaul ini.

Dalam sesi sharing dihadirkan narasumber tamu yaitu Cak Husni Mubarok yang merupakan sosok entrepreneur / pengusaha muda yang bergerak di bidang kuliner bakso “Abah Killer”. Dalam sharing pemuda yang juga Mantan Cak Surabaya ini membeberkan suka dukanya menjalankan usaha baksonya serta memberikan kiat menghadapai fluktuasi iklim bisnis yang kadang tidak menentu. “Menjalankan usaha itu harus tekun, penuh perhitungan dan sabar. Yang lebih penting adalah jangan lupa berdoa”, ujarnya dalam sharing.

Dekan FEB Unitomo Nur Sayidah memberikan cindera mata kepada Cak Husni usai memberikan sharing pengalamannya pada peserta seminar (WLD)

Ditemui disela-sela kegiatan lomba, Siti Aminah salah satu peserta 10 besar business plan competition dari SMKN 1 Buduran Sidoarjo mengaku begitu optimis bisa memenangkan kompetisi. Ia dan temannya menawarkan ide bisnis Ice Cream Ngaturi.

“Produk ice cream kami sangat unik karena berbahan dasar daun turi yang kalo dimakan mentah terasa pahit.Tapi melalui olahan kami ice cream Ngaturi ini terasa lezat dan tentu saja punya beberapa khasiat untuk kesehatan,”ucap siswi berhijab ini.  Menurutnya di kompetisi ini  tdak boleh berpikir harus menang namun ide usaha yang sudah dihasilkan pasti tidak terkalahkan. “ Saya yakin karena produk kami unik”, imbuhnya bersemangat

Dari rangkaian Management Fair 2017 ini akhirnya terpilih beberapa peserta yang berhasil menjadi Juara yaitu Juara 1  SMA  Al Muslim Sidoarjo (produk Sego Bunder), Juara 2 SMAN 1 Lamongan (produk Chit& Chat), dan Juara 3 SMAK Frateran Surabaya (produk Frachitani) yang juga meraih The Best Product.

Adapun Juara 1 Turnamen Futsal antar SMA Se Jatim diraih MAN Bangkalan Madura, Juara 2 SMKN 7 Surabaya dan Juara 3 diraih SMAN 1 Bangkalan.(ADB / WLD)

Gallery Foto :

Juara 1 Business Plan Competition dari SMA Al-Muslim Sidoarjo dengan produk Sego Bunder
Juara 2 Business Plan Competition dari SMAN 1 Lamongan dengan Produk Chit & Chat
Juara 3 Business Plan Competition dari SMAK Frateran Surabaya dengan Produk Frachitani
Foto Bersama Para Pemenang Business Plan Competition
Juara 1 Turnamen Futsal dari MAN 1 Bangkalan
Juara 3 Turnamen Futsal dari SMAN 1 Bangkalan
Para Juara 1, 2 dan 3 Turnamen Futsal sedang foto bersama Bapak Dr. Ir. JFX. Soesanto Soekiman (Mantan Dekan FEB) dan Drs. Sutarmin, MM (Kaprodi Manajemen) Usai penyerahan hadiah

Share This: