Bersama Praktisi Jurnalistik, Mahasiswa Fikom Dalami Ilmu Citizen Journalism

Musahadah, editor majalah online surya memberikan wawasan terkait mudahnya menjadi seorang jurnalis

Senin, (15/5), mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unitomo gelar seminar “Communication Share” untuk melatih kemampuan jurnalistik. Bertempat di Auditorium RM Soemantri Gedung Rektorat Unitomo, acara berbalut pengetahuan jurnalistik mendatangkan pembicara dari praktisi jurnalis yang berpengalaman dibidangnya. Salah satunya Musahadah, editor majalah online surya memberikan wawasan terkait mudahnya menjadi seorang jurnalis.

Berangkat pada berkembangnya teknologi informasi, dalam seminar wartawan senior ini buka wawasan tentang mudahnya berbagi informasi yang mengandung nilai berita. “Gak perlu jadi wartawan dulu baru nulis dan sebarin berita, sekarang sudah eranya citizen journalism”, ujar wanita yang biasa dipanggil Uus ini.

Dalam paparannya, Uus menekankan meskipun sekarang ini mudah menjadi jurnalis warga harus peka terhadap peristiwa yang ada. “Ada tiga bekal untuk menjadi reporter handal yaitu ragu-ragu, rasa ingin tahu, dan penciuman yang tajam akan peristiwa”, imbuh ibu dua anak ini.

Yudhiasko Kurnia, executive producer SBO.Tv menularkan beberapa pengalamannya melalui seminar “Communication Share”

Selain Uus, seorang praktisi lain juga dihadirkan untuk memberikan paparan terkait wawasan jurnalistik. Yudhiasko Kurnia, executive producer SBO.Tv menularkan beberapa pengalamannya melalui seminar ini. Diantaranya, Yudhiasko menjelaskan saat ini media telah mengalami transformasi.”Kita harus melek di era mediamorfosis ini, agar mampu mengikuti arus persaingan teknologi informasi yang keras ini”, ujarnya.

Seminar pendalaman materi jurnalistik ini didukung secara penuh oleh pihak Fakultas. Terbukti, Redi Panuju, Dekan Fikom hadir ditengah seminar. Ditemui usai acara, Redi berkomentar positif tentang acara mahasiswanya.”Pendidikan formal memang harus bersinergi dengan para praktisi seperti mbak Uus dan mas Yudhi, agar mampu mengikuti perubahan sosial dan menyerap segala informasi, pengetahuan dan pengalaman dari teman-teman praktisi”, ujarnya bersemangat.

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website