(KKN-PPM 2017 News#1 ): Sinergi dengan BKKBN Unitomo Gelar KKN Pemberdayaan Keluarga di Tutur Pasuruan

Fonny Indri Hartanti, S.Psi., M.Psi. dari perwakilan BKKBN Propinsi Jatim mengisi materi terkait penanaman nilai-nilai pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga di hadapan 888 mhs.

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo)  menggelar pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tahun Akademik 2016/2017 yang dibuka langsung oleh Rektor Unitomo, Dr. Bachrul Amiq, SH, MH dan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Siti Marwiyah, SH., MH didampingi Ketua LPPM Dr. Dra. Sulis Janu Hartati, MT, di Auditorium Ki. Moh. Saleh, Sabtu (8/7).

Menurut Ketua Pelaksana KKN-PPM, Dr. Sulis Janu Hartati, MT, Unitomo akan mengerahkan sekurang-kurangnya 888 mahasiswa dari 8 fakultas yang ada di Unitomo dan akan ditempatkan di 12 titik desa di Kabupaten Pasuruan.

Sebelumnya pihak LPPM mengaku telah berkoordinasi dengan SKPD terkait di Kabupaten Pasuruan guna pemetaan potensi daerah Pasuruan yang dapat digali. “Lokasi yang kami tunjuk adalah benar-benar lokasi desa yang mempunyai potensi yang layak untuk dikembangkan seperti sektor pariwisata, agrobisnis dan kewirausahaan,” ujar dosen FKIP ini.

Rektor memberi arahan terkait pelaksanaan KKN PPM 2017 (Ki-Ka Ketua LPPM (Sulis Janu, Perwakilan BKKBN Jatim Fonny Indri Hartanti, Rektor, Warek 1, Warek 2 dan Warek 3

Senada dengan tema KKN yang bertajuk Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Keluarga, Rektor Unitomo, Bachrul Amiq, mengaku optimis penyelenggaraan KKN di Pasuruan ini akan berjalan dengan sukses. “LPPM Unitomo sudah berpengalaman mengadakan KKN Tematik yang disesuaikan dengan kebutuhan wilayah KKN seperti di Kabupaten Bojonegoro, Lamongan, Gresik, dan Mojokerto. Hanya kali ini kami bersinergi dengan BKKBN mendukung program pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga”, kata rektor yang baru dilantik ini.

“Meskipun pelaksanaannya dilakukan dengan pendekatan multidisiplin ke-ilmuan, artinya semua bidang ilmu yang ada menyatu dalam satu lokasi untuk melakukan pengabdian pada masyarakat tetapi semua proker harus mempercepat pemberdayaan keluarga menuju keluarga sejahtera dan mandiri”, imbuhnya

Ketua LPPM Dr. Dra. Sulis Janu Hartati, MT, memberikan laporan pelaksanaan KKN PPM 2017

Dalam kesempatan lain Ketua LPPM Unitomo Sulis Janu yang juga Ketua Pelaksana KKN PPM Unitomo ini menambahkan pentingnya program pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga ini. “Penekanan proker kelompok desa nanti harus bisa membantu mengatasi kebutuhan masyarakat desa serta menguatkan fungsi-fungsi keluarga dari sisi sosial, agama dan ekonomi”, kata doktor ilmu pendidikan matematika ini.

“Selain itu memanfaatkan teknologi tepat guna terkait pengembangan potensi desa juga penting, untuk itu mahasiswa perlu kami bekali dengan materi yang tepat agar sinkron dengan kebutuhan mayarakat disana,” imbuh Sulis.

Disamping teknik penyusunan dan pelaksanaan Program KKN para peserta juga dibekali materi tentang penerapan IPTEKS terhadap masyarakat dari multidisiplin, dalam pembekalan kali ini akan diisi oleh Fonny Indri Hartanti, S.Psi., M.Psi. dari perwakilan BKKBN Propinsi Jatim yang akan mengisi materi terkait penanaman nilai-nilai pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga untuk masyarakat desa.

Fonny Indri Hartanti, S.Psi., M.Psi. dari perwakilan BKKBN Propinsi Jatim mengisi materi terkait penanaman nilai-nilai pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga di hadapan 888 mhs.

Seperti  diketahui  KKN-PPM  tahun  akademik  2016/2017  ini  akan  dilaksanakan  tepat   pada 7 Agustus 2017 sampai dengan 14 Agustus 2017 dengan menempati 12 desa di Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, diantaranya Desa Andonosari, Desa Blarang, Desa Gendro, Desa Kalipucang, Desa Kayukebek, Desa Ngadirejo, Desa Ngembal, Desa Pungging, Desa Sumberpitu, Desa Telogosari, Desa Tutur dan Desa Wonosari. (AGS)

 

Gallery Foto :

Dosen Pembimbing Lapangan KKN PPM 2017
Mahasiswa Kelompok Desa Wonosari sedang menerima pengarahan awal dari DPLnya
Mahasiswa Kelompok Desa Kayukebek sedang menerima pengarahan awal dari DPLnya
Mahasiswa Kelompok Desa Sumberpitusedang menerima pengarahan awal dari DPLnya
Mahasiswa Kelompok Desa Pungging sedang menerima pengarahan awal dari DPLnya
Mahasiswa Kelompok Desa Ngembal sedang menerima pengarahan awal dari DPLnya
Mahasiswa Kelompok Desa Ngadirejo sedang menerima pengarahan awal dari DPLnya
Mahasiswa Kelompok Desa Kalipucang sedang menerima pengarahan awal dari DPLnya
Mahasiswa Kelompok Desa Gendro sedang menerima pengarahan awal dari DPLnya
Mahasiswa Kelompok Desa Blarang sedang menerima pengarahan awal dari DPLnya
Drs. Putut Handoko, M.Pd, sedang memberikan pengarahan awal pada kelompok desa Telogosari

Share This: