Unitomo Resmi Punya Fakultas Ilmu Kesehatan

Share This:

Bachrul Amiq resmikan kantor baru Fakultas Ilmu Kesehatan Unitomo disaksikan oleh Ketua Pembina YPCU Prof. Dr. Eddy Yunus

Seiring diperolehnya izin penyatuan status D3 Kebidanan Akbid Surya Sehat Surabaya menjadi D3 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Dr. Soetomo dari Kemenristekdikti, Unitomo resmikan pembukaan Fikes Unitomo. Hal ini tentu saja akan meluluskan mahasiswa D3 Kebidanan Fikes Unitomo sebagai angkatan pertama.

Diresmikannya Fikes Unitomo pada Kamis (31/8) ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan cita-cita Unitomo mendirikan Fakultas Kedokteran. Rektor Unitomo, Bachrul Amiq mengatakan, sejak tahun 2014 ada Akademi Kebidanan (Akbid) Surya Sehatyang kegiatan belajar mengjarnya di Unitomo. Berdasarkan hal tersebut, Unitomo melakukan kesepakatan dengan yayasan untuk mengukuhkan Akbid menjadi Prodi baru di Unitomo.

Penyerahan-tumpeng-secara-simbolis-oleh-Ketua-Pembina-YPCU-kepada-Dekan-Fakultas-Ilmu-Kesehatan

“Saat menghadiri di berbagai acara, banyak yang menyatakan Rumah Sakit Dr. Soetomo menjadi satu bagian dari Universitas Dr. Soetomo. Hal ini tidak salah, karena nama Dr. Soetomo merupakan sosok yang mewakili biang kesehatan pada zamannya”, Ujar Doktor bidang Hukum ini.

Amiq menambahkan, hal tersebut menjadikan semangat sivitas akademika Unitomo untuk mendirikan fakultas sendiri, yakni Fakultas Ilmu Kesehatan Unitomo. ”Ini menjadikan alasan kami menyediakan SDM yang berkualitas terhadap kebutuhan dunia kesehatan. Termasuk pengabdian masyarakat untuk memperbanyak lulusan berkualitas di bidang kesehatan.”, Imbuhnya

Di Fikes Unitomo ini sementara baru terdapat jurusan D3 Kebidanan. Untuk selanjutnya akan didirikan prodi Teknologi Tranfusi Darah. Dimana prodi ini akan menjadi yang kedua di Pulau Jawa etelah UGM.”Kami dukung berdirinya Fikes Unitomo ini dengan fasilitas laboratorium yang sudah disiapkan di gedung H untuk kegiatan praktik mahasiswa Fikes, sekaligus ruang belajar mengajar,” paparnya.

Selain prestasi yang telah didapatkan Unitomo, yakni menduduki 100 besar PTN/PTS se Indonesia, dengan demikian, berdirinya Fikes Unitomo semakin mewujudkan slogan Unitomo menuju kampus unggul.