Unitomo Mewisuda 669 Lulusan

Jajaran Senat Unitomo bersama Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah 7 memasuki ruang rapat terbuka senat

Kampus Kebangsaan dan Kerakyatan Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Sabtu (23/09) mewisuda 669 lulusan program D3, S1 dan S2 dari 9 fakultas. Masing-masing dari Fakultas Ilmu Administrasi 74 orang, Fakultas Pertanian 7 orang, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan110 orang,  Fakultas Ekonomi & Bisnis 243 orang, Fakultas Teknik36 orang, Fakultas Sastra 38 orang, Fakultas Ilmu Komunikasi62 orang, Fakultas Hukum 60 orang, serta Fakultas Ilmu Kesehatan 39 orang. Acara berlangsung di Dyandra Convention Center Jalan Basuki Rahmad Surabaya dipimpin langsung rektor Dr. Bachrul Amiq, SH, MH.

Bagi Unitomo wisuda kali ini terasa istimewa, karena dari ratusan wisudawan itu diantaranya berasal dari dua program studi (prodi) baru, yakni D3 Kebidanan dan S2 Magister Teknologi Pendidikan. “Keberhasilan dua prodi ini meluluskan mahasiswanya tepat waktu menunjukkan bahwa kepercayaan Kemenristekdikti dengan mengeluarkan ijin operasional kepada Unitomo telah dijalankan dengan baik”, ujar Amiq sesaat sebelum wisuda berlangsung.

Sambutan Rektor Unitomo, Bachrul Amiq saat acara Wisuda Semester Genap tahun akademik 20162017

Sementara itu, saat memberi sambutan, Bachrul Amiq juga berpesan kepada para wisudawan untuk terus meningkatkan kompetensi agar bisa bersaing di dunia kerja. “Keberadaan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unitomo, sebagai kepanjangan tangan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yang kini berhak melakukan asesmen dan mengeluarkan sertifikasi atas 24 skema kompetensi, sehingga menjadi LSP perguruan tinggi dengan jumlah skema kompetensi terbanyak di Jawa Timur, memang telah memberi nilai tambah anda dalam bersaing di dunia kerja. Namun begitu,  upaya untuk terus meningkatkan kompetensi dalam bidang apa pun yang nantinya akan anda geluti harus terus dilakukan dan menjadi ikhtiar anda sepanjang hidup “, demikian pesannya.

Terpilih sebagai wisudawan terbaik untuk program D3 Viola Nanny Arrubiah dari program studi D3 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatanyang lulus dengan IP Kumulatif 3,70, Sedang untuk program S1, Suhariyanto dari program studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnislulus dengan IP Kumulatif. Untuk program S2, Mahfud dari program studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum juga dinyatakan lulus terbaik dengan IP Kumulatif nyaris sempurna 3,98.

Para Wisudawan Unitomo Semester Genap T.A 2016/2017

Selain memberi penghargaan pada wisudawan terbaik, di penghujung acara rektor juga memberi apresiasi khusus terhadap Yonathan Vitro, wisudawan dari  Prodi Teknologi Pangan & Gizi, yang karya skripsinya menarik perhatian sebuah kampus di Jerman. “Saat ini Yonathan sedang menunggu proses untuk bisa melanjutkan studi lanjut S2 di University of Hohenheim, Stuttgart Germany. Ia akan belajar di Natural Sciences Faculty, program studi Food Science and Biotechnology. Ini menunjukkan bahwa lulusan Unitomo bisa diterima di kampus terkemuka dunia, karena kita tahu Jerman merupakan salah satu negara dengan standar pendidikan yang tinggi.”, kata rektor.

Apresiasi khusus juga diberikan kepada Rakha Alvin Rahadianto, mahasiswa Fikom yang terpilih sebagai salah satu dari 30 pemuda peserta program AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales). AIESEC merupakan sebuah organisasi internasional yang bermarkas di Rotterdam Belanda, yang didirikan untuk para pemuda guna membantu mengembangkan potensi kepemimpinan mereka dalam menjalankan berbagai project social di seluruh dunia. “Saya sengaja mengundang Rakha untuk hadir di acara wisuda ini, meski ia masih sebagai mahasiswa semester 3, agar bisa memberi inspirasi bagi para wisudawan bahwa kita mampu dan bisa diterima di lingkup internasional. Minggu depan Rakha akan berangkat ke Srilanka untuk memulai project socialnya disana selama sebulan. Mari kita doakan semoga kegiatannya disana bisa berjalan dengan baik dan lancar”, imbuh rektor memberikan apresiasi.

Tampil di penghujung acara, grup Band Dokar. Grup dengan personil terdiri dari para dosen dan karyawan Unitomo ini menyajikan beberapa lagu bernuansa nostalgia, berkolaborasi dengan tim Paduan Suara Gita Cendekia Unitomo dan sejumlah wisudawan.

Galeri Foto:

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website