Pacu Kualitas Menuju Kampus Unggul, Unitomo Datangkan Anggota Eksekutif Dewan BAN-PT

Dr. Bachrul Amiq, SH., MH., Rektor Unitomo Menyampaikan Arahan Menjadi Moderator Seminar

Perkembangan teknologi, nampaknya memberikan pengaruh yang cukup besar disegala lini. Hal ini menyentuh pada dunia pendidikan, terlebih pada perguruan tinggi yang lulusannya dipersiapkan menghadapi dunia kerja. Kedepannya, pemerintah telah mengatur agar perguruan tinggi siap menghadapi terpaan zaman teknologi tersebut dan menjadi perguruan tinggi yang memiliki mutu berkualitas.

Senin, (27/11), Bertempat di Auditorium RM Soemantri, Universitas Dr. Soetomo gelar seminar bertemakan “Strategi Menuju Kampus Unggul”. Dengan mendatangkan Siti Muslimah Widyastuti, Anggota Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), diharapkan peserta seminar yang terdiri dari jajaran dekan serta wakil dekan seluruh fakultas, pimpinan lembaga di Unitomo hingga jajaran rektorat dari sekitar 20 universitas mitra dapat termotivasi dalam meningkatkan kualitas dari sektor masing-masing. “Seminar ini akan menjadi pencerahan bagi kita semua, dalam mewujudkan Unitomo menjadi kampus unggul. Dan tentu saja, rekan-rekan dari universitas mitra juga akan mendapat pencerahan dalam meningkatkan mutu institusi”, ujar Bachrul Amiq, Rektor Unitomo saat mengawali pembicaraan ketika menjadi moderator seminar.

Prof. Dr. Ir. Siti Muslimah Widyastuti, M.Sc., Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT, Menyampaikan Materi Seminar.

Dalam seminar, Widyastuti menerangkan tentang kebijakan akreditasi dalam hubungannya dengan peningkatan mutu perguruan tinggi. Dengan demikian, Guru Besar Fakultas Kehutanan salah satu universitas negeri di Jawa Tengah ini mengupas tuntas terkait tantangan perguruan tinggi di Indonesia yang akan dihadapi. “Kedepannya, seluruh perguruan tinggi akan menghadapi kompetensi global yang terkait dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN, perkembangan teknologi yang semakin canggih dan khususnya bagi lulusan kita harus dipersiapkan dengan matang menghadapi perkembangan dunia kerja online”, kata Prof. Wiwik, sapaan akrab Guru Besar Fakultas Kehutanan ini.

Dr. Bachrul Amiq, SH., MH., Rektor Unitomo Berikan Cinderamata pada Prof. Dr. Ir. Siti Muslimah Widyastuti, M.Sc., Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT.

Sementara itu, peserta seminar yang hadir disosialisasikan sejak dini terkait kebijakan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) no 1 tahun 2017 tentang pembukaan, perubahan dan penutupan program studi di luar kampus utama perguruan tinggi. “Kebijakan ini akan menggiring seluruh perguruan tinggi di Indonesia menuju kampus unggul. Mari, bersama sama kita tingkatkan mutu perguruan tinggi berdasar standart ketetapan pemerintah”, imbuhnya memberikan motivasi.

Selain itu, Prof. Wiwik menegaskan pada seluruh peserta bahwa perguruan tinggi harus siap dengan kualitas mutu unggul saat dinilai oleh Asessor. Karena menurutnya, kedepan proses penilaian perguruan tinggi akan merujuk pada Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). “Bapak ibuk gausah takut dengan SAPTO, bada prinsipnya sistem ini sama dengan sistem sebelumnya. Yang terpinting kita harus semangat meningkatkan kualitas mutu perguruan tinggi, baik dari segi penelitian, kualitas pengajaran, sarana prasarana, hingga output kita yakni lulusan perguruan tinggi”, ungkap penerima Professorial Research Award dari Tanoto Foundation ini.

 

 

Download Materi Seminar di bawah ini:

Kebijakan Akreditasi dan Hubungannya dengan Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi di Surabaya, 27 November 2017-edit 26 November 2017

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website