Mahasiswi Unitomo Terima Beasiswa Ke Jepang

(Surabaya) – Gempa dan tsunami serta ancaman radiasi nuklir  yang terjadi  11 Maret lalu tidak menyurutkan keinginan Michiko untuk memperdalam pengetahuan budayanya di Jepang. Mahasiswa semester V  Fakultas Sastra Unitomo tersebut baru saja lolos seleksi nasional  untuk mendapatkan beasiswa monbukagakusho dari pemerintah  Jepang

Untuk sampai lolos, Michiko harus melalui dua tahapan tes. Pertama, tes tulis yang dilakukan di Konsulat Jendral Jepang di Surabaya. Kedua, tes wawancara yang dilakukan di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. “Waktu tes tulis saya yakin lolos, tapi waktu tes wawancara di jakarta, saya agak tegang, sebab khan berhubungan dengan penilaian pribadi” ujar gadis cantik itu.

Seleksi yang diikuti oleh 600 peserta dari seluruh indonesia, hanya meloloskan 16 orang menerima beasiswa monbukagakusho untuk tahun 2011. Mereka akan belajar bahasa &  budaya Jepang selama satu tahun di universitas – universitas di Jepang.  Khusus untuk Surabaya  yang lolos seleksi hanya dari Unitomo. Sedangkan untuk Jawa Timur meloloskan 6 orang untuk menerima beasiswa  tersebut.(rn)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website