Cerita dari Bandung Hari Pertama

Setelah dilepas oleh Rektor Unitomo (baca: berita) pada jam 10 pagi, kontingen Tim Robotpun berangkat dengan menggunakan minibus kapasitas 24 orang melalui jalur darat ke Bandung. Rencananya, jam 08.00, Tim About-XI harus sudah sampai di ITB Bandung – tempat penyelenggaraan Kontes Robot Nasional 2012.


Perjalan Surabaya hingga perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat berjalan lancar. Beberapa kali bus berhenti sepanjang perjalanan untuk sekedar buang air kecil, sholat dan makan. Pom Bensin menjadi tempat favorit untuk dikunjungi untuk sholat dan buang air kecil. Sedangkan untuk makan siang dan makan malam, kami berhenti di rumah makan Jawa Timur 2 Ngawi dan sebuah rumah makan di Bumi Ayu.

Tak ada kendala berarti hingga kami memasuki wilayah Tasikmalaya. Menjelang pagi selepas berhenti untuk sholat subuh di sebuah Pom Bensin, bus yang kami tumpangi seperti kehilangan tenaga. Hingga akhirnya bus mogok di jalan. Sopirpun dengan cekatan memingkirkan bus saat masih bergerak maju.

Hasil dari analisis sopir, kemungkinan bus masuk angin. Pengisian bahan bakar solar terlambat hingga saringan bahan bakar menjadi mampet. Setelahsopir menggunakan pompa bahan bakar, bus dapat melaju kembali dengan lancar. Namun memasuki wilayah garut, tenaga bus tidak cukup kuat untuk menaiki jalan yang penuh tanjakan dan menikung. Lebih dari 5 kali sopir dan kernet bus berjibaku untuk menghidupkan kembali mesin bus. Terutama saat bus mogok persis di tikungan yang menanjak. Perasaan deg-deg ser kami rasakan saat bus melaju pelan di tanjakan hingga akhirnya mogok.

Lepas dari Garut memasuki wilayah Bandung, bus tetap tidak bisa berjalan normal. Lebih dari 4 kali penumpang harus turun untuk menunggu awak bus memperbaiki bus. Kesempatan itu dipergunakan juga oleh kami untuk menyalurkan hobby narsis dengan berfoto bersama di beberapa lokasi. Jam 8 pagi, kami masih di seputar wilayah Nagreg. Padahal seharusnya, Bapak Syaiful Riza selaku pembimbing tim robot mengikuti technical meeting pada jam 9.00 di ITB. Akhirnya tim dibagi menjadi dua. Bapak Syaiful Riza, Ady dan Agus berangkat terlebih dahulu dengan menggunakan angkutan lain. Sedangkan tim lainnya yang terdiri dari Ibu Vega, Bapak Dwi, Bapak Slamet dan anggota rombongan lainnya tetap bertahan di bus yang sedang mogok.

Pukul 9, bus mogok lagi di KM 48 Nagreg. Kesempatan tersebut kam manfaatkan untuk turun dan sarapan pagi. Sedangakn awak bus berusaha memperbaiki bus dengan mencari toko penjual onderdil motor. Beruntung di sekitar tanjakan Nagrek yang terkenal rawan kecelakaan, awak bus berhasil mendapatkan onderdil yang dibutuhkan. Hingga akhirnya pukul 12, bus dapat melaju meneruskan perjalanan ke Bandung.

Memasuki Kota Bandung, perjalanan dengan menggunakan minibus tidak semudah menggunakan sepda motor. Kami di sambut dengan kondisi kemacetan yang membuat rombongan tidak jadi mampir ke Pasar Baru. Rasanya melewati jalan Kota Bandung hampir mirip melwati daerah Kapasan Surabaya. Pedagang kaki lima, parkir motor dan mobil memenuhi jalan di sekitar Pasar Baru.

Kamipun memutuskan untuk langsung ke penginapan yang berada di daerah Jalan Setyabudi. Rencananya selama di Bandung, kami menginap di asrama (dormitory) milik UPI (Universits Pendidikan Indonesia) yang begitu megah dan asri. Ingin rasanya Unitomo juga memiliki unit usaha seperti UPI yang bisa disewakan dan menjadi profit centre bagi kampus.
Setelah memasuki kamar masing-masing, seluruh anggota rombongan mulai membersihkan diri setelah hampir 28 jam berada di jalanan. Setiap kamar diisi oleh 3 orang. Saat berada di kamar, kami menerima informasi dari Bapak Syaiful Riza yang mendampingi Tim Robot di ITB, kalau test pertama About-XI berjalan sukses. Hari ini agenda utamanya selain technical meeting, juga melakukan 3 kali test, untuk mengukur tingkat sensitifitas sensor yang digunakan pda robot cerdas. Dua test lagi lainnya akan dilakukan hingga jam 9 malam ini.

Mohon doa dan dukungannya, agar pelaksanaan kontes robot tahap pertama besok, berjalan lancar dan sukses.

Berita Foto

Bis Full AC Sejuk

 

Kebutuhan Toilet dan Makan

 

Makan Bersama

 

Moment saat Bus Mogok

 

Tim About-XI berangkat naik oplet

 

Korban Bus Mogok

 

Perbaikan bus

 

Dormitory atau asrama UPI

 

Pintu Masuk Asrama

 

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website