Cerita dari Kontest Robot KRI/KRCI 2012 Hari Kedua

Sabtu (30/6) kemarin adalah hari pertama kontest robot dimulai setelah pada hari sebelumnya dilakukan  technical meeting dan running test. Pada hari pertama perlombaan, setiap tim robot kategori robot cerdas beroda fire fighting, mendapatkan kesempatan dua kali kontest.

Saat kesempatan kontes pertama, anggota tim dan suporter harap-harap cemas. Hal ini biasa terjadi pada pertandingan pertama. Saat robot About-XI beraksi di kontest pertama jam 08.15, robot sempat tersangkut di penghalang jalan (unevent) seperti yang terjadi pada saat kontest di Regional IV (ITS Surabaya). Setelah dilakukan trial atau pengulangan, robot terjebak pada masalah yang sama walaupun sempat masuk ke room 4. Tim About-XI dan suporter cukup tegang menerima hasil kontest pertama yang tidak berhasil memadamkan api.

Arena Kontes Robot Beroda Fire Fighting

Kontest berikutnya diadakan jam 14.15. Suporter dari Unitomo sudah memadati tribun pertandingan sejak jam 13.30. Saat Tim Robot Unitomo disebut oleh panitia untuk memasuki arena pertandingan, kamipun tidak mau kalah dengan suporter dari kampus lain untuk meneriakkan yel-yel Unitomo. Semua wajah tegang saat About-XI berlaga. Pada pelepasan pertama, About-XI sempat macet di area room 1. Beruntung saat dilakukan retry, About-XI berhasil menemukan lilin dan mematikannya. Kami semua bersorak gembira, walau About-XI tidak berhasil pulang ke titik semula (Home).

Supporter Unitomo

Dari total hasil pertandingan hari pertama, About-XI menempati posisi ke-11 dari 23 peserta yang berlaga di kategori KRCI Robot Beroda Fire Fighting. Padahal pada hari sebelumnya, About-XI menempati posisi ke-6 pada running test.
Hari minggu ini (1/7), About-XI masih memiliki satu kesempatan lagi untuk kontest dan memperbaiki peringkat. “Bila hari ini About-XI berhasil memadamkan api dan kembali ke home dengan nilai sempurna, kita bisa menempati posisi ke-3,” ujar Bapak Syaiful selaku pembimbing tim robot Unitomo.

Mohon doa dan dukungan sivitas akademika Unitomo, semoga hari ini bendera Unitomo bisa berkibar sebagai juara pada kontest robot cerdas Indonesia 2012.

 

Arena Kontes KRI

 

Arena Kontes Robot Seni (Dancing Robot)

 

Supporter dari kampus-kampus peserta

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website