Tentang Unitomo

Kiprah Unitomo tak bisa lepas dari semangat dan perjuangan Dr. Soetomo,tokoh perintis kemerdekaan yang di tahun 1908 mendirikan Boedi Oetomo dengan tujuan meningkatkan harkat hidup rakyat yang saat itu hidup dalam penjajahan, melalui antara lain pendidikan.

Itu sebabnya, meski dikenal sebagai PT papan atas dengan kualitas memadai di Jatim sebagaimana terlihat dari prestasinya selama ini, Unitomo sejak berdiri 1981 selalu memegang teguh komitmen untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi semua golongan & lapisan masyarakat agar bisa menempuhpendidikan dengan biaya terjangkau, sehingga mendapat predikat Kampus Kebangsaan dan Kerakyatan.

Sebagian besar dari hampir 40 ribu alumni PT di bawah naungan Yayasan pendidikan Cendekia Utama (YPCU) ini kini telah bekerja di berbagai sektor pemerintah maupun swasta.Tidak sedikit diantaranya menduduki posisi penting sehingga makin memperkuat jejaring alumni Unitomo.

 Fasilitas

Kampus Unitomo terletak di Kompleks Taman Pendidikan Dr. Soetomo yang di dalamnya juga terdapat SMP & SMA Dr. Soetomo serta SMK Cendekia Utama. Kompleks pendidikan berlokasi di kawasan Semolowaru Surabaya ini selain dekat area pemukiman yang banyak menyediakan jasa kos juga mudah dijangkau dari segala penjuru karena hanya berjarak +400 meter dari Terminal Bratang, salah satu terminal pusat angkutan umum di Surabaya. Sejumlah fasilitas akademik / non akademik di kampus dengan ratusan dosen berkualifikasi master, doktor dan sejumlah guru besar ini antara lain:

  1. Gedung kuliah berlantai 5 & 4 yang tiap ruangnya dilengkapiAC &LCD Projector guna mendukung perkuliahan berbasis Teknologi Informasi yang menjadi ciri Unitomo.
  2. Perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap &Wifi Area yang menjangkau hampir seluruh area kampus.
  3. Auditorium berkapasitas 400 orang, ruang seminar dandiskusi yang dilengkapi fasilitas video conference.
  4. Masjid Babush Sholihin yang selain digunakan tempat ibadah sivitas akademika juga warga sekitar kampus.
  5. Ruang perkantoran, bank, koperasi, minimarket dan sejumlah kantin yang pada waktu tertentu menyajikan Live Music atas koordinasi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Musik.
  6. Sejumlah fasilitas olahraga berupa lapangan badminton, tenis meja, basket, futsal, dsb.
  7. Poliklinik yang didukung sejumlah tenaga dokter dan paramedis.
  8. Sejumlah laboratorium seperti :
    • Lab. Bahasa Inggris& Bahasa Jepang (note: bantuan pemerintah Jepang, pertama di Indonesia Timur).
    • Lab. Peradilan Semu.
    • Lab. Multimedia / Audio Visual, Fotografi & Radio.
    • Lab. Jaringan Komputer, Pemrograman & Elektronika.
    • Lab. Teknologi Beton & Ukur Tanah.
    • Lab. Perpajakan dan Administrasi Perkantoran.
    • Lab.Micro Teaching.
    • Lab. Hidrologi, Fisika, Kimia& Biologi / Mikro Biologi.
    • Lab.Teknologi Hasil Pertanian, Breeding & Reproduksi.

 

Comments are closed.