Unitomo Menandatangani PKS dengan LSPPI untuk Peningkatan Profesi Pembiayaan


Pada Jumat (08/03/2024), Lembaga Sertifikasi Profesi Unitomo (LSP Unitomo) mengumumkan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pembiayaan Indonesia (LSPPI). Acara tersebut dihadiri oleh Direktur LSP Unitomo, Safrin Zuraida, S.T., M.T. didampingi 3 asesor LSP Unitomo. Penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dengan Unitomo sebelumnya.

Sejumlah kegiatan telah dilakukan sebagai bagian dari kerjasama ini. Mulai dari Kursus Pembiayaan yang berlangsung dari tanggal 27 November hingga 1 Desember 2023 di Hotel Four Point Surabaya, diikuti oleh 24 asesor. Dilanjutkan dengan Sertifikasi Kompetensi Teknis Pembiayaan pada tanggal 2 Desember di Kampus Unitomo, di mana 14 dari 22 peserta yang lulus menjadi asesor. Selain itu, diselenggarakan juga Seminar Nasional dengan tema "Pengaturan Bertumbuh dalam UU P2SK" yang dihadiri oleh 4 asesor, semua biaya kegiatan tersebut ditanggung oleh LSPPI.

Dengan penandatanganan PKS ini, Unitomo menjadi salah satu dari empat perguruan tinggi yang telah menjalin kemitraan dengan APPI, termasuk Udayana, STIE Kanjuruhan, dan Unhas. Rencananya, akan ada kegiatan lain yang melibatkan asesor yang terlibat dalam proses sertifikasi pembiayaan yang akan digelar di tempat-tempat yang berbeda. Ini menunjukkan komitmen Unitomo dalam mendukung pengembangan profesi pembiayaan di Indonesia melalui upaya sertifikasi kompetensi yang lebih terstruktur dan terukur.