Unitomo Sambut 62 Mahasiswa Inbound Program PMM Batch 4 -2024


Kampus Kebangsaan dan Kerakyatan Universitas Dr. Soetomo Surabaya (UNITOMO) Jumat (08/03) menggelar penyambutan 62 mahasiswa yang lulus seleksi dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 4. Mereka berasal dari Sabang sampai Merauke. Dari Universitas Musamus Merauke 11 orang, Universitas Nusa Cendana 10 orang, Universitas Pattimura 5 orang, , Universitas Bosowa 4 orang, Universitas Halu Oleo 3 orang, Universitas Sukma Medan 2 orang, Universitas Abulyatama 2 orang, Universitas Lambung Mangkurat 2 orang, Universitas Negeri Padang 2 orang, Universitas Potensi Utama 2 orang, STIES 1 orang, STIH Manokwari 1 orang, Universitas Asahan 1 orang, Universitas Batanghari Jambi 1 orang, Universitas Bina Banga Getsempena 1 orang, Universitas Bumigora 1 orang, Universitas Cokroaminoto Palopo 1 0rang, Universitas HKBP Nomensen Medan 1 orang, Universitas Jambi 1 orang, Universitas Malahayati 1 orang, Universitas Malikussaleh 1 orang, Universitas Muhammadiyah KalTim 1 orang, Universitas Muhammadiyah Palu 1 orang, Universitas Mulawarman 1 orang, Universitas Negeri Medan 1 orang, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia 1 orang. Universitas PGRI Palembang 1 orang, Universitas Prima Indonesia 1 orang. Universitas Syiah Kuala 1 orang.

Acara digelar di Gedung A Lantai 3 Ruang Soemantri Universitas Dr. Soetomo Surabaya, dihadiri Rektorat Unitomo beserta jajarannya bersama 62 mahasiswa peserta PMM-4. berserta dosen pendamping dan Pokja MBKM Unitomo. 

Dalam sambutannya, mewakili Ketua Pokja MBKM Rika Puspita Sari selaku koordinator Program PMM 4 berpesan agar peserta mahasiswa PMM 4 bisa memanfaatkan program ini dengan sebaik mungkin. “Intinya manfaatkan semua program PMM ini dengan sebaik mungkin. Sampai nanti kalian merasakan makna “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya” di PMM Universitas Dr. Soetomo ini”, ujar Rika yang juga dosen prodi akuntansi ini.

Sementara itu Rektor Unitomo Siti Marwiyah dalam sambutannya berpesan agar kesempatan belajar di Unitomo ini dimaksimalkan sebaik-baiknya baik dari sisi akademik serta nilai-nilai kebhinekaan dan budaya.” Sebagai kampus kebangsaan dan kerakyatan, Unitomo sudah mempunyai banyak Guru Besar yang ilmunya mumpuni serta dosen berkompetensi bergelar doktor sehingga saya menjamin transfer knowledge yang diinginkan insya Allah terpenuhi.”ujar Iyat sapaan akrabnya.

Program PMM Batch 4

Rika Puspita Sari selaku koorinator perguruan tinggi penerima PMM 4 Universitas Dr. Soetomo Surabaya (UNITOMO) mengatakan bahwa Program PMM ini menjadi salah satu langkah untuk memperkaya pengalaman belajar mahaiswa Indonesia.“Dimana nantinya para dosen Modul Nusantara dan LO ini akan memberikan materi kebinekaan, refleksi, inspirasi dan kontribusi sosial kepada mahasiswa PMM 4. Semoga 62 mahasiswa PMM 4 itu nantinya akan merasakan pengalaman baru di Pulau Jawa ini ya. Dari pengalaman bisa mengenal adat dan budaya serta bisa mengunjungi museum – museum bersejarah yang ada disini”, imbuh Rika.

Ditemui di sela-sela acara, Moh. Yusup Pakaya salah satu mahasiswa peserta dari yang didaulat sebagai Kepala Suku (Ketua kelompok mahasiswa program PMM 4) menyatakan harapan atas program PMM ini. “Semoga semua peserta PMM 4 ini dapat beradaptasi dengan baik, dan menjalin kerukunan, bertoleransi, saling menjaga serta saling peduli antar sesama. Dan semoga PMM 4 ini dapat memberikan kesan terbaik bagi Universitas Dr. Soetomo terkhususnya kepada Ibu Rektor dan seluruh Civitas Akademika Unitomo”. Pungkas Yusup mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Palu menutup percakapan. (Citra/Agbar)