Detail Berita

Image

Senin (5/11), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bersama Radio Republik Indonesia  (RRI) Surabaya menggelar dialog interaktif sosialisasi pemilih pemula menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 mendatang. Bertempat di Auditorium Ki. H. Moh. Saleh, kegiatan ini mengangkat tema "Memilih Itu Juara". Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Satya Widya Yudha dalam kesempatannya mengatakan menanamkan pentingnya demokrasi bagi pemilih pemula memiliki nilai penting bagi Indonesia di masa mendatang. "Setidaknya ada 196,5 juta pemilih dalam Pemilu 2019 nanti. Dari jumlah itu 7,4 persen diantaranya atau sekitar 14 juta pemilih merupakan generasi muda yang memiliki hak pilih untuk pertama kalinya", ungkapnya.

Senada dengan Satya, Bachrul Amiq, Rektor Unitomo mengatakan pendidikan politik praktis penting bagi pemilih pemula. "Pemilih pemula diharapkan menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi di Indonesia, baik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg), ataupun Pemilihan Presiden (Pilpres) secara bijaksana dan tidak bersikap golongan putih (Golput)", ujarnya.

Kegiatan yang diikuti sekitar 500 siswa SMA, SMK dan mahasiswa ini menghadirkan sejumlah narasumber Choirul Anam, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim bersama Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jatim, Ikhwanudin Alfianto untuk memberikan wawasan tentang pentingnya menggunakan hak pilih dalam pesta demokrasi di Indonesia. Sementara dari pihak kepolisian dihadirkan AKBP Eddwi Kurniyanto, Kepala Bagian Operasional (Kabag. Ops.) Polrestabes Surabaya meemberi paparan tentang pentingnya menjaga ketertiban dan mencegah kecurangan dalam pesta demokrasi yang akan dilaksanakan 2019 nanti.

Ditemui di sela kegiatan, Cyntia, siswa SMK Unitomo mengatakan kegiatan ini memberikan wawasan menarik bagi pemilih pemula. "Materinya menarik, saya pribadi baru pertama mendapat pengetahuan tentang Pemilu, dan tahun depan akan menggunakan hak pilih saya secara cerdas dalam Pemilu serentak 2019", pungkas gadis yang masih duduk di kelas 3 ini.

Dalam menggerakkan animo pemilih pemula, kegiatan ini digiatkan pula lomba yel yel bertemakan ajakan untuk menggunakan hak pilih secara cerdas. Muncul sebagai juara 1 yang dinilai melalui Instagram secara online dan tampil dalam kegiatan, grup Passmadors dari SMA Dr. Soetomo. Juara 2, diraih grup Hmmtala dari SMA Dr. Soetomo. Sedangkan BEMFT Unitomo, berhasil menjadi juara 3 dalam lomba tersebut.(WILD)