Detail Berita

Image

Guna menyinergikan dunia akademisi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kamis (08/11), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) diundang DPRD Kab. Blitar untuk melakukan audiensi. Bertempat di Ruang Rapat Kerja Pimpinan DPRD Kab. Blitar, kegiatan ini disambut langsung Ketua DPRD Kab. Blitar, Suwito Saren Satoto. "Kami menyambut dengan senang kedatangan Unitomo, ini akan memberikan pandangan baru bagi DPRD untuk merencanakan sinergisitas antara kalangan akademisi dengan legislatif", ujarnya saat membuka Audiensi.

Suwito menambahkan, DPRD Kab. Blitar membutuhkan tenaga ahli dari kalangan akademisi. "Hal ini sebagai sinergisitas dalam menentukan dan pengarah dalam menentukan kebijakan", imbuhnya.

Kegiatan yang diikuti jajaran Rektorat Unitomo, Wakil Rektor 1, Siti Marwiyah bersama Wakil Rektor 2, Slamet Riyadi dengan Wakil Rektor 3, Suyanto dan Wakil Rektor 4, Meithiana Indrasari berdiskusi merencanakan dan menyiapkan tenaga ahli yang dibutuhkan DPRD Kab. Blitar. Rektor, Bachrul Amiq mengatakan Unitomo sangat siap untuk memberikan diklat dan disertifikasi secara resmi. "Kami memiliki Pusat Pendidikan dan Diklat (Pusdiklat) yang diketuai oleh Basuki Nugroho serta Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang Direkturnya Safrim Zuraida, dimana keduanya sudah hadir ditengah audiensi ini", kata Doktor Bidang Hukum ini.

Amiq menambahkan adanya Pusdiklat dan LSP akan memberikan jalur pada DPRD Kab. Blitar untuk bersinergi dengan Unitomo. "Kami memiliki 24 skema kompetensi yang bisa dijadikan wadah sebagai peningkatan mutu dan kualitas DPRD Kab. Blitar", imbuhnya.

Sementara itu, Meithiana Indrasari, Wakil Rektor Bidang Kerjasama menjelaskan nantinya akan terjalin Memorandum of Understanding (MoU) antara Unitomo dengan DPRD Kab. Blitar. "Hasil audiensi yang konstruktif membuahkan gagasan akan terjalin MoU dalam waktu dekat, karena secara jangka panjang DPRD Kab. Blitar membutuhkan kerja sama yang sifatnya tidak hanya tematik namun ada kesinambungan yang lebih jauh, diskusi mengenai kebijakan tentang kondisi di Blitar", ungkapnya.

Pasca audiensi, Rektor Unitomo beserta jajarannya dijamu pihak DPRD Kab. Blitar untuk napak tilas ke Museum Istana Gebang hingga ke makam Presiden 1 Indonesia, Soekarno. Di sela kegiatan, Amiq mengatakan kegiatan ini menjadi semangat kampus Unitomo untuk tetap menghargai jasa pahlawan. "Sebagaimana yang kita lakukan pada hari Kebangkitan Nasional, untuk melakukan renungan dan berziarah di makam Dr. Soetomo", pungkasnya. (WILD)