Detail Berita

Image

Memperingati hari Pahlawan Nasional yang jatuh, Sabtu (10/11), jajaran Rektorat Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) napak tilas sejarah Presiden 1 Republik Indonesia (RI), Soekarno. Kamis (08/11), mengenang jasa pahlawan sang Proklamator RI jajaran Rektorat Unitomo mengunjungi tempat bersejarah yang ada di Blitar.

Kegiatan yang diikuti jajaran Rektorat Unitomo, Wakil Rektor 1, Siti Marwiyah bersama Wakil Rektor 2, Slamet Riyadi dengan Wakil Rektor 3, Suyanto dan Wakil Rektor 4, Meithiana Indrasari mengunjungi Museum Istana Gebang hingga ke makam Soekarno. Di sela kegiatan, Rektor, Bachrul Amiq mengatakan kegiatan ini menjadi semangat kampus Kebangsaan dan Kerakyatan Unitomo untuk tetap menghargai jasa pahlawan. "Sebagaimana yang kita lakukan pada hari Kebangkitan Nasional, untuk melakukan renungan dan berziarah di makam Dr. Soetomo", ujarnya.

Amiq menambahkan tujuan dari dilaksanakan napak tilas bukan hanya untuk mencari jejak sejarah perjuangan Soekarno. Namun jauh lebih dalam, esensi dari napak tilas adalah untuk mengingatkan kepada generasi penerus akan nilai-nilai nasionalisme, parsatuan dan kesatuan, semangat kerja keras, pantang menyerah yang telah dicontohkan Sang Proklamator. "Jiwa nasionalisme dan semangat persatuan NKRI wajib kita jaga dan teruskan", pungkasnya.