Detail Berita

Image

Rabu (05/12), Tani Miwako, Istri Konsulat Jendral (Konjen) Jepang mengajarkan cara memakai Yukata ke mahasiswa Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) dalam kegiatan "Workshop Pemakaian Yukata" di Ruang RM Soemantri. Selain mengajarkan cara memakai Yukata, Tani menjelaskan perbedaan antara Yukata dan Kimono yang sekilas nampak sama bagi orang awam. "Jika Yukata hanya dapat dikenakan saat musim panas, namun Kimono dapat digunakan dalam segala musim", ujarnya.

Tani menuturkan pemakaian Yukata lebih praktis dari pada memakai Kimono, karena mengenakan Yukata hanya dengan selapis kain Yukata itu sendiri yang berbahan katun. Sedangkan Kimono, menurut Tani paling sedikit ada 3 lapis saat mengenakannya. "Bahkan orang asli Jepang belum tentu memakai Kimono", imbuhnya.

Ditemui di sela kegiatan Cicilia Tantri Suryawati, Dekan Fakultas Sastra (FS) menjelaskan kegiatan workshop ini dimaksudkan agar mahasiswa lebih mendalami akan budaya Jepang. "Kami dan mahasiswa sering menghadiri kegiatan budaya Jepang yang tentu saja menggunakan pakaian budayanya, melalui kegiatan ini kami mengharapkan mahasiswa lebih paham cara memakai Yukata yang baik dan benar agar terlihat indah", ungkapnya.

Sementara itu, Febby Vallentia, mahasiswa FS Program Studi (Prodi) Sastra Jepang begitu antusias selama mengikuti kegiatan, karena berkesempatan mengenakan Yukata yang diajarkan langsung dari Istri Kojen Jepang. "Saya seneng banget bisa tahu budaya Jepang dalam mengenakan Yukata, ini sangat bermanfaat dalam menambah wawasan", pungkas mahasiswa semester 1 ini.(wild)