Detail Berita

Image

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo)  menggelar pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Semester Gasal Tahun Akademik 2018/2019 yang dibuka langsung oleh Ketua LPPM Sulis Janu Hartati di Auditorium RM.MR. Soemantri Kampus Unitomo, Sabtu (8/7). Menurut Sulis yang juga Ketua Pelaksana KKN-PPM mandiri ini  mengatakan Unitomo akan mengerahkan sekurang-kurangnya 80 mahasiswa dari 8 fakultas yang ada di Unitomo dan akan ditempatkan di Pasar Larangan di Kabupaten Sidoarjo. Sebelumnya pihak LPPM mengaku telah berkoordinasi dengan Pusat Studi Bencana (PSBL) Unitomo guna pemetaan potensi bencana di kabupaten Sidoarjo yang dapat digali.
“Lokasi yang kami tunjuk adalah benar-benar lokasi pasar dengan padat penduduk dan mempunyai potensi terjadinya bencana kebakaran” ujar dosen FKIP ini.
Senada dengan tema KKN yang bertajuk Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Tanggap Bencana. Mesak Paijala dari PSBL mengaku optimis penyelenggaraan KKN di pasar Larangan ini akan berjalan dengan sukses. “Untuk kali ketiga PSBL Unitomo bekerjasama dengan LPPM mengadakan KKN Tematik Bencana yang disesuaikan dengan kebutuhan wilayah KKN seperti penanggulangan bahaya banjir di Bungurasih Sidoarjo dan bahaya kekeringan dan kebakaran di Wonoayu Surabaya. Dan kali ketiga KKN ini kami berkoordinasi dengan Badan Pusat Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo dan PLN Sidoarjo yang telah mendukung program pemberdayaan masyarakat ini”, kata pemuda Maluku ini.
“Insya Allah Pihak BPBD dan PLN Sidoarjo siap mendukung program KKN tematik bencana ini seperti sosialisasi bahaya kebakaran akibat korsleting pada masyarakat pasar Larangan sampai menyiapkan peralatan APAR (Alat Pemadam Kebakaran) ini. Sebab itu dalam pembekalan ini sekalian pula dirumuskan rencana kerja pendukung program KKN dan pembentukan kelompok kerja serta pengarahan bentuk format laporan KKN yang benar ”, imbuhnya      
Seperti  diketahui  KKN Unitomo tematik bencana  yang akan diikuti 80 mahasiswa ini  akan  dilaksanakan  tepat  pada 13 Januari 2019 sampai dengan 6 Februari 2019 dan akan menempati lokasi pasar Larangan di Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo (ADB/JAY)