Detail Berita

Image

Kamis (07/02), sejumlah mahasiswa Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) dan siswa SMA Dr. Soetomo serta SMK Unitomo resmi dilantik Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI), Guntur Sakti menjadi Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Unitomo. “Genpi yang memang pemilik era digitalisasi adalah ujung tombak promosi wisata, dalam hal ini mereka kaum mileniallah yang menguasai. Merekalah yang dengan segala keterampilannya di jagad digital, media sosial mampu menampilkan pariwisata Indonesia”, terang Guntur Sakti.

Guntur menambahkan Pariwisata Indonesia memasuki era digital. "Seiring dengan perubahan konsumen, kini muncul 'tren sharing economy' di sektor pariwisata," ujar Guntur Sakti.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provisinsi Jawa Timur, Sinarto mengatakan sektor pariwisata begitu menjanjikan untuk kaum milenial. “Untuk saat ini kita sedang memerbaiki akses untuk wisatawan yang hendak datang ke Jawa Timur, serta kita tengah berupaya mengembangkan 'cruise' dan 'MICE' di Jawa Timur. Dengan kata lain, generasi milenial memiliki kesempatan besar bekerja di sektor pariwisata melalui berbagai perkembangannya," ungkap Sinarto.

Ditemui di sela kegiatan, Slamet Riyadi, Wakil Rektor II mengatakan Dulu informasi dan komunikasi yang diberikan hanya melalui media cetak, zaman ini informasi itu bisa dilakukan secara digital. "Temen-temen yang sudah dilantik inilah yang akan mempromosikan wisata baik lewat Facebook,  Instagram,  media sosial lain. Tentu adik-adik tetap melihat ada tidaknya unsur hoax atau SARA agar tidak mudah menshare kepada masyarakat", pungkasnya.