Detail Berita

Image

Pusat Pengelola Jurnal Universitas Dr. Soetomo (PPJ Unitomo) menggelar Pelatihan Plagiarsm Checker. Kegiatan yang diikuti 30 peserta dari kalangan dosen di lingkungan Unitomo dan beberapa dosen Perguruan Tinggi mitra tersebut, dilaksanakan di Ruang Soemmantri, Jumat (22/02).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Siti Marwiyah yang membuka kegiatan ini mengatakan, keberadaan software baru tersebut diharapkan dapat memenuhi keinginan civitas akademika Unutomo yang dapat membantu kenaikan pangkat, publikasi paper, dokumen lainnya seperti proposal penelitian dan borang-borang aplikasi. "Kita berharap penggunaaanya dioptimalkan, dan akan berujung pada peningkatan kualitas, sehingga Unitomo benar-benar menjadi world class university,” ujar Doktor Bidang Hukum ini.

Pelatihan penggunaan aplikasi software ini terselenggara dengan mendatangkan Robby Rahim, Trainer Plagiarism Checker sebagai narasumber. Dalam paparannya Robby mengatakan penggunaan software harus tetap mengaju pada kaidah penulisan. "Yang kita tau bersama, software ini mesin, jadi terkadang tidak bisa membedakan yang benar-benar plagiat dan mana yang mirip", ujarnya.

Robby menambahkan, aplikasi yang digunakan merupakan software bernama Turnitin, aplikasi berbasis online untuk memeriksa originalitas naskah yang lazim digunakan dalam dunia akademik. "Dengan aplikasi ini, publikasi ilmiah dapat semakin berkualitas, sekaligus untuk meningkatkan integritas para penulis dalam menghasilkan artikel ilmiah", imbuhnya.

Sementara itu, Fadjar, Sekretaris PPj mengatakan penggunaan alat pemeriksa plagiarisme sangat penting untuk memastikan setiap karya ilmiah memiliki similarity index yang rendah sehingga bisa melancarkan dosen untuk naik pangkat akademik menjadi profesor. "Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah civitas akademika Unitomo", pungkasnya.