Detail Berita

Image

Rabu (06/03), Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Surabaya menggelar Seminar Nasional di Ruang Soemantri Universitas Dr. Soetomo (Unitomo). Dengan mengangkat tema "Menggelorakan Gerakan Mahasiswa Melawan Apatisme dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0", kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor, Bachrul Amiq. "Ini menjadi momentum yang sangat bagus dalam menambah refrensi menghadapi revolusi industri yang serba digital ini", ujarnya.  

Kegiatan yang diikuti sekitar 80 mahasiswa dari unsur BEM Universitas se Surabaya ini mendatangkan Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur (Wagub) Jatim dan Bayu Airlangga, Pelaku Pengusaha Muda sebagai pembicara. Dalam paparannya, Emil Elistianto Dardak, Wagub Jatim mengatakan generasi muda memiliki peran pinting dalam pengembagan usaha di Indonesia. "Saya yakin, generasi muda ini memiliki kreatifitas tinggi dalam mengikuti perkembangan digital yang pesat ini", ungkap pria kelahiran Jakarta ini.  

Emil menambahkan kreatifitas yang dimiliki membutuhkan penunjang dalam mengembangkannya. Salah satu penunjang yang akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jatim dengan membuat Millenial Incubation for Enterpreneurship and Innovation (Milea). "Kami mengharapkan program tersebut dapat menciptakan ruang bersama dalam menggali inspirasi dan gagasan-gagasan kreatif serta untuk menstimulasi usaha. Namun tentunya program tersebut harus melalui tahapan tertentu agar dampak positifnya benar-benar diperoleh", imbuhnya.  

Sementara itu, Bayu Airlangga mengatakan kelemahan generasi millenial saat ini terletak pada konsistensi dalam menghadapi suatu persoalan. "Kedisiplinan perlu dibangun dalam mindset generasi zaman now ini, karena era digital ini sangat perlu memertahankan secara konsisten ide kreatif kita. Dan tentu saja jalin networking seluas mungkin untuk memupuk ide kreatif yang akan dijalankan", pungkasnya.