Detail Berita

Image

Sudah menjadi agenda program tahunan kali ini Sabtu (13/4) di Kampus Unitomo Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr.  Soetomo (Hima Akuntansi –FEB Unitomo) gelar Olimpiade Akuntansi khusus bagi siswa SMA, MA dan SMK se Jawa Timur.

 

Olimpiade bidang akuntansi ke-5 yang dibesut dengan nama Unitomo Accounting Challenge (TOAC) kali ini dengan mengusung temaShow Your Skill As Millennial Generation of Accountantdi hadiri 200 siswa- siswa SMA dan SMK se Jawa Timur dan guru pendampingnya.

 

Menurut Tari  Wakil Ketua pelaksana TOAC Ke-5 bahwa kegiatan ini didesain untuk menguji keterampilan siswa SMA, MA dan SMK guna menciptakan kompetisi yang sehat di kalangan siswa tentang penguasaan konsep dan teknis akuntansi yang di pelajari di bangku sekolah dengan dikaitkan dengan issu global seperti kesiapan akuntansi di era 4.0. “Disamping teknis di sini nanti akan kami uji pula kemampuan presentasi serta debat mereka  tentang realita akuntansi yang sebenarnya”, ujar mahasiswi semester 6 ini.

 

“Disamping ingin mensosialisasikan profesi akuntansi di kalangan siswa SMA dan SMK, kami menyadari sebagai mahasiswa di bidang akuntansi harus bersiap untuk nantinya berprofesi sebagai sebagai akuntan yang punya integritas dan networking yang luas. Untuk itu dikegiatan ini Hima Akuntansi Unitomo telah mendatangankan Lintang Venusita narasumber dari Ikatan Akuntan Indonesia Jatim sebagai keynote speaker agar harapannya dapat membekali siswa peserta dan mahasiswa bila nanti kedepan mereka ingin berprofesi sebagai akuntan harus siap dengan semua keahliannya”, paparnya.

 

Ditemui disela acara Susanto Sukiman Dekan FEB Unitomo mengaku sangat mengapresiasi kinerja Hima Akuntansi terutama dalam persiapan pelaksanaan TOAC ke -5 ini.

 

“Animo siswa peserta yang mengikuti Olimpiade tahun ini sedikit mengalami penurunan, tapi dari sisi acara tetap berkualitas.. Apa lagi kegiatan lombanya dilaksanakan dengan cara yang Fun seperti acara quiz di televisi”,kata doktor ilmu sumberdaya manusia ini.

 

Ke depan tantangan profesi akuntan ini semakin berat  terutama di bidang keuangan dan perpajakan apalagi di era milenial seperti sekarang ini maka saya berharap agar sosialisasi minat pada ilmu akuntansi di kalangan siswa SMA dan SMK ini dapat terus ditingkatkan bahkan kalau bisa sampai ke tingkat propinsi dan nasional”,katanya.

 

Dalam  Olimpiade TOAC ke-5 yang berlangsung ketat dan diawali dari babak penyisihan lewat test multiplay dan essay, setelah itu dilanjutkan lomba cerdas cermat dan debat akuntansi. Dari setiap cabang lomba yang diperebutkan akhrnya terpilih sebagai pemenang ke-1 Tim dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya, dan Pemenang ke-2 di raih Tim SMK YPM 3 Taman Sidoarjo,, kemudian disusul juara ke-3 Tim SMAN 1 Bangkalan Madura.(ADB/VIRA)