Detail Berita

Image

Kamis (25/04), Pusat Pengelola Jurnal Universitas Dr. Soetomo (PPJ Unitomo) menggelar Workshop Management Digital Library Mendeley. Bertempat di RM Soemantri, kegiatan ini dibuka Wakil Rektor IV, Meithiana Indrasari. "Guna menunjang kualitas penelitian, dengan mengikuti kegiatan ini, peserta akan mendapat wawasan dan memerkaya refrensi dalam menulis karya ilmiah melalui mendeley", ungkap Doktor Bidang Ekonomi ini saat memberi sambutan.

 

Kegiatan yang diikuti sekitar 50 peserta dari unsur dosen ini mendatangkan Anik Vega Vitianingsih, Sekretaris PPJ sebagai pembicara. Dalam paparannya Anik Vega menjelaskan Mendeley desktop dapat memungkinkan untuk memperkaya sumber referensi riset, hasil penelitian, menyusun tulisan sesuai prosedur pengutipan dan sitasi yang benar, mengelola dokumen referensi. "Dengan aplikasi ini dapat pula membantu penulis mengetahui perkembangan riset terkini", ujarnya.

 

Anik Vega menambahkan, publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah harus ditulis dengan kaidah yang baku dan benar, seperti pada bagian daftar pustaka, bibliografi, atau referensi. "Bahkan, penulisannyapun harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang sedang berkembang saat ini", imbuhnya.

 

Ditemui di sela kegiatan Zulaikah, salah satu peserta mengaku bersemangat mengikuti tahapan demi tahapan yang disampaikan pembicara. "Kami juga mendapat tips dan triks agar karya-karya yang telah dipublikasi bisa disitasi oleh banyak orang. Kami jadi bersemangat dalam menulis, lebih giat meneliti, kolaborasi, serta  saling berbagi ilmu setelah pelatihan kepada teman-teman lain maupun khalayak umum", pungkas Dosen Ilmu Komunikasi ini.