Detail Berita

Image

Guna mendekatkan dengan obyek yang dijadikan sasaran, Fakultas Hukum Universitas Dr. Soetomo (FH Unitomo) mengadakan Outing Class ke Kabupaten Banyuwangi.  Kegiatan yang berlangsung (26 – 28/04) ini dilakukan dalam rangka penguatan pemahaman praktik penyelenggara hukum yang ada di wilayah tersebut. Noenik Soekorini, Wakil Dekan Bidang Akademik mengatakan, melalui kegiatan outing class selain dapat mengintepretasikan teori yang telah dipelajari, mahasiswa akan melihat secara langsung pelaku penyelenggara hukum. Kami mengunjungi 3 lokasi, diantaranya Polres Banyuwangi, Pengadilan Negeri Banyuwangi dan kampus mitra Unitomo yaitu Untag Banyuwangi. Mahasiswa kami harapkan mampu menyerap setiap pengalaman selama outing class,ungkapnya di sela kegiatan.

 

Noenik menambahkan, sebanyak 50 mahasiswa dari S1 dan S2 antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang ada. Outing Class pertama kami lakukan di Pengadilan Negeri Banyuwangi yang disambut baik dan ramah oleh Pak Purnomo Amin Thahjo selaku Kepala Pengadilan Negeri setempat, lalu yang ke dua mahasiswa kami ajak kuliah umum ke Polres Banyuwangi juga disambut baik oleh Kapolres AKBP Taufik, serta terakhir kami melakukan kuliah umum di perguruan tinggi mitra Untag Banyuwangi dengan sambutan baik pula dari Dekan Fakultas Hukum pak Dominikus Rato”, imbuhnya.

 

Senada dengan Noenik, Bachrul Amiq, Rektor yang juga mendampingi selama kegiatan outing class meyakini mahasiswa akan mampu melakukan pengambilan keputusan disamping menekankan pada legal justice, social justice dan filosofi justice. “Melalui outing class ini mahasiswa akan memahami dalam penegakan hukum harus memerhatikan moral dan etika jika ingin terwujud suasana yang kondusif dalam masyarakat”, ungkap Doktor Bidang Hukum ini.

 

Amiq menjelaskan lebih lanjut, disamping kegiatan akademik yang dilakukan selama di Banyuwangi, Unitomo di ke tiga instansi yang dikunjungi melakukan penandatanganan MoU dan MoA untuk penguatan kerja sama antar instansi. “Ini kami lakukan agar ke depan kami dapat saling bertukar kebaikan dalam jalinan kerja sama yang sudah disepakati”, pungkasnya.