Detail Berita

Image

Selasa (28/05), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) resmi menjalin kerja sama dengan Badan Pertanahan Negara (BPN) Jawa Timur berupa penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang diantaranya mengenai penguatan Program Studi (Prodi) S1 Teknik Geomatika yang dinaungi Fakultas Teknik. Bertempat di Ruang Reforma Agraria Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Jatim, Jalinan kerja sama yang dilakukan sebagai pendukung kuat dari kalangan instansi pemerintah atas berdirinya Prodi ke 27 di Unitomo ini. “Melalui jalinan kerja sama dengan BPN, akan menjadi pondasi dukungan instansi pemerintah atas prodi baru S1 Teknik Geomatika ini”, ungkap Rektor, Bachrul Amiq usai melakukan penandatanganan MoU.

Bachrul Amiq menambahkan, hasil kerja sama dengan Kanwil BPN Jatim kedepannya akan menjadi media komunikasi dan informasi antara pihak kampus dengan instansi terkait. “Saya harap, apa yang telah disepakati bersama ini dapat memberikan manfaat positif antara kedua belah pihak”, imbuhnya.

Ditemui usai kegiatan, Kepala Kanwil BPN Jatim, Heri Santoso mengungkapkan sangat mendukung dan mengapresiasi atas inisiasi yang dilakukan Unitomo dalam menjalin kerja sama dengan pihak intsansi pemerintah. “Tentu kami akan mendukung hubungan baik dengan kampus Unitomo, kami akan langsung melaksanakan implementasi atas MoU yang sudah dilaksanakan dalam hal Pemetaan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebagai bentuk support dari BPN ke Unitomo.”, ungkapnya.

Heri Santoso mengingatkan Presiden Indonesia memberikan target program akselerasi melalui PTSL di tahun 2019 mencapai 9 juta bidang tanah yang harus diselesaikan sertifikatnya. "Bahkan hingga 2025 kami wajib menyelesaikan target 10 juta bidang tanah, ini yang membuat kami berharap penuh ke Unitomo untuk berkontribusi menjadi surveor PTSL", tuturnya.

Senada dengan Heri Santoso, Dekan Fakultas Teknik, Achmad Choiron mengatakan hasil kerja sama antara Unitomo dengan BPN dapat menjadi paying hukum dalam mendukung program teknis yang akan dilakukan prodi S1 Teknik Geomatika. “Praktis, jalinan kerja sama ini menjadikan teknik geomatika mendapat ruang cukup luas saat melakukan program teknis ke depannya. Karena menyangkut pengukuran pertanahan akan bersinggungan langsung dengan pihak terkait dalam segi perizinan dan lain sebagainya”, katanya.

Sementara itu, Meithiana Indrasari, Wakil Rektor IV mengatakan peran kerja sama dengan BPN tidak hanya dengan Teknik Geomatika saja, namun mencakup 9 Fakultas serta 27 Prodi yang ada di Unitomo. "Ini menjadi peluang bagus dalam memerkuat hubungan kerja sama antara Unitomo dengan BPN", pungkasnya.