Detail Berita

Image

Rabu (03/06),  Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) resmi membuka Program Studi S1 Teknik Geomatika untuk tahun akademik 2019/2020. Bertempat di Auditorium K. H. Moh. Saleh, hadirnya Prodi baru di Unitomo di bawah Fakultas Teknik tersebut sebagai solusi mengatasi minimnya jumlah tenaga ahli survey pemetaan dan informasi geospasial di Indonesia.

 

Tercatat hampir 4000 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, hanya ada 12 PT yang memiliki Prodi Geodesi atau Geomatika. Prodi ke 27 di Unitomo tergolong prodi yang langka serta diperlukan untuk mengetahui pengembangan wilayah secara akurat. “Teknik Geomatika Unitomo merupakan sinergi antara ITS, Unitomo dan para stake holder utama bidang survey dan pemetaan Geospasial dan Kantor Jasa Surveyor Kadastral berlisensi di Jatim”, ungkap Bachrul Amiq, Rektor Unitomo.

 

Sementara itu, Koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah VII Jatim, Soeprapto mengatakan di Jawa Timur Unitomo merupakan PTS pertama yang memiliki Prodi S1 Teknik Geomatika. “Ini merupakan prestasi bagi Unitomo, tantangannya dalam setahun ini harus mencapai akreditasi”, jelasnya saat menyerahkan SK Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) No. 494/KPT/I/2019 kepada Rektor Unitomo.

 

Senada, Kepala Badan Informasi Geospasial, Hasanuddin Zainal Abidin  mengungkapkan lulusan S1 Teknik Geomatika Unitomo sangat diharapkan dalam tataran praktisi baik dalam bidang kehutanan, kelautan maupun pemerintahan. “Minimnya PTS yang mengakomodir Teknik Geomatika di Jatim memberi kesempatan bagi Unitomo dalam menciptakan tenaga ahli surveyor Kadastral yang berkompeten”, jelasnya.