Detail Berita

Image

Kamis (04/06), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unibersitas Dr. Soetomo (FKIP Unitomo) menggelar Studium Generale bertajuk "Peran Perempuan dalam Membangun Budaya dan Karakter Bangsa". Bertempat di Ruang RM Spemantri, kegiatan ini dibuka Rektor, Bachrul Amiq. "Bagaimana pun juga, kesuksesan yang kita raih tidak lepas dari peran perempuan, yaitu ibu kita. Melalui kegiatan ini, saya harap peserta yang hadir mampu memahami betapa pentingnya peran perempuan dalam membangun karakter bangsa ini", ungkapnya saat memberikan sambutan.

 

Kegiatan yang diikuti sekitar 80 peserta ini mendatangkan Titik Sudarti, Istri Bupati Magetan dan Anas Ahmadi dosen FKIP Universitas Negeri Surabaya. Dalam paparannya, Titik Sudarti menceritakan perannya dalam mendukung suaminya dalam memimpin Kabupaten Magetan, sebagai Ketua penggerak tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Magetan. “Di tengah kesibukan yang ada, saya tidak lupa akan peran saya sebagai ibu dalam membangun karakter anak-anak, dan inilah yang diharapkan oleh bapak”, terangnya.

 

Titik Sudarti menambahkan, ia selalu berkomitmen agar tetap menjadi pembentuk karakter yang baik dalam membangun bangsa. “Sebagai penggerak ketua tim PKK Kabupaten Magetan, saya selalu mendorong kepada seluruh anggota untuk mengutamakan pendidikan karakter. Bapak sangat tau, saya kan bakat di pendidikan, kalau membantu Bapak secara maksimal ya di bidang pendidikan. Prestasi terbaik saya memang di kepala sekolah. Bapak taruh saya dimana saja saya siap terutama dibidang pendidikan di Magetan," imbuh wanita peraih Kepala Sekolah Berprestasi Jawa Timur ini.

 

Senada, Anas Ahmadi mengatakan dari hasil survey yang ada, tenaga pengajar di domonasi oleh perempuan, terlebih lagi tenaga pengajar pada tingkat sekolah dasar, yang notabenenya, di sekolah dasar lah anak-anak menyerap segala ilmu dasar kehidupan, mulai dari moral, etika, tata krama, tenggang rasa hingga toleransi. “Di sinilah, posisi perempuan menentukan untuk memberikan pendidikan karakter sebagai pondasi. Sisanya, akan dikembangkan di tingkat sekolah menengah pertama, dan menengah atas”, jelasnya.

 

Sementara itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Unitomo dengan Kabupaten Magetan. Ditemui di sela kegiatan, Meithiana Indrasari, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama mengatakan dilakukannya MoU dengan pihak pemerintahan bertujuan untuk kegiatan Tri Dahrma Perguruan Tinggi. “Utamanya untuk penelitian, pengajaran dan pengabdian. Jangka panjangnya nanti, kita bisa melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Kabupaten Magetan”, pungkasnya.