Detail Berita

Image

Kamis (24/07), Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo (FS Unitomo) menggelar seminar internasional Enrichment of Career by Knowledge of Language and Literature (ECKLL) VII. Bertempat di Ibis Style Surabaya, kegiatan ini mengangkat tema "Current Issues on Language and Literature in Industry 4.0".

Kegiatan yang diikuti sekitar 150 peserta ini mendatangkan empat narasumber baik dalam maupun luar negeri diantaranya Djodjok Soepardjo, Indonesia; Takao Urano, Jepang; Muhammet Erbay, Turki; dan Sulaiman Hasan Sulaiman, Libia. Keempatnya memberikan paparan mengenai isu yang sedang hangat terkait bahasa dan sastra di era revolusi industri ke-4.

Ditemui di disela kegiatan, Ni Nyoman Sarmi, ketua pelaksana mengatakan kegiatan ECKLL ke 7 kalinya ini mengalami peningkatan dari segi peserta. "Tahun ini antusias peserta yang mengikuti lebih banyak dari sebelumnya, baik penyaji artikel maupun peserta partisipasi", ungkap Dosen Sastra Inggris asal Bali ini.

Sementara itu, Muhammet Erbay, salah satu narasumber ECKLL VII mengungkapkan dirinya puas bisa memberi paparan mengenai pentingnya bahasa di era globalisasi. "Percepatan globalisasi yang dahsyat membuat teknologi informasi merubah arah politik, ekonomi hingga budaya, maka dari itu kita harus memahami bahasa secara global", pungkas pria asal Konya, Turki ini.