Detail Berita

Image

Menyesuaikan kalender akademik, dalam pekan ini seluruh mahasiswa Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) tengah melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Dilaksanakan sejak Senin (21/10), universitas memberikan waktu UTS berlangsung hingga dua minggu ke depan untuk ke 9 Fakultas yang ada.

Ditemui di Gedung A (Rektorat), Aris Eko Budiyono, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) menjelaskan, UTS merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Evaluasi ini adalah pemberian penilaian terhadap kemam­puan mahasiswa dalam menerima, memahami, dan menguasai bahan studi sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. “Menyesuaikan kalender akademik tahun 2019/2020, UTS dilaksanakan setiap pertengahan semester, persiapan para mahasiswa sudah terlihat sejak satu minggu sebelum ujian. Beragam kegiatan pun telah dilakukan, mulai dari belajar bersama hingga sharing dengan mahasiswa tingkat atas yang sejurusan”, ungkapnya saat ditemui di ruang kerja, Senin (21/10). 

Aris Eko Budiyono menambahkan harus benar-benar memersiapkan UTS ini, baik dari segi akademik maupun administrasi. “Kami mengharapkan mahasiswa tidak meninggalkan hutang mata kuliah atau mengulang karena nilai kurang, bahkan tidak lulus di dalam satu semester, agar pelaporan ke Forum Laporan Pendidikan Tinggi atau Forlap Dikti bisa selesai dalam tiap semester. Karena jika ada mahasiswa yang pelaporannya terganggu memengaruhi mahasiswa dalam mendapatkan PIN dari Dikti untuk ijazah, jadi nilainya harus bagus-bagus”, imbuhnya.

 

Menjadi momentum perdana bagi mahasiswa mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang baru saja menempati gedung barunya di Gedung H, adanya kegiatan UTS tahun ini memberikan pandangan tersendiri mengenai pelaksanaan UTS di Kampus Unitomo. “UTS kali ini adalah UTS perdana saya dengan suasana ruangan baru yang semula di gedung F, sekarang di gedung H”, ujar Talia Malay, mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan ini.

 

Talia Malay yang sudah semester 7 ini mengaku setiap menjelang UTS ia tetap melakukan persiapan dengan memelajari materi setiap mata kuliah yang ditempuh. “Saya memersiapkan semuanya, biar bisa UTS dengan lancar. Tapi meski sudah persiapan masih ada saja kesulitan-kesulitan saat UTS, ini menandakan persiapan yang matang sangat diperlukan”, pungkas finalis Putri Kampus Unitomo 2018 ini.