Detail Berita

Image

Patrik Cahyo Lumintu, anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Communication Photography Club (UKM Ciphoc) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) berhasil meraih juara harapan pada lomba foto yang diadakan oleh Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia (JFMI). Patrik Cahyo Lumintu  yang akrab disapa Patrik ini mewakili UKM Ciphoc mampu mendapatkan apresiasi setelah mengalahkan lebih dari 500 karya foto lainnya.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak Jum'at (18/10), hingga Minggu (20/10) ini berlangsung di Kampus Institute Seni Indonesia (ISI) Bali yang menjadi tuan rumah JFMI yang ke - 12. Patrik mengatakan Kegiatan Jambore tersebut menarik perhatian Mahasiswa dari seluruh belahan Indonesia untuk berkumpul di Kota Bali memeriahkan JFMI yang dikenal sebagai ajang silahturahmi bagi mahasiswa di bidang Fotografi. "Bukan hanya sekedar lomba foto dan menikmati indahnya Bali, tapi ajang ini juga dijadikan temu akrab mahasiswa dari Bengkulu, Belitung, Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja, Solo, Jember, Kediri, Makassar, Bogor, Ambon, Palu, Padang, Malang, Lombok hingga mahasiswa dari Ternate ikut memeriahkannya", ungkapnya.

Patrik menambahkan sebelumnya tidak menyangka mampu meraih juara dalam ajang ini. Yang dilankukannya hanyalah memotret dengan sudut pandang yang berbeda. "Kalu komentar juri sih bilang karya foto saya memiliki tingkat pencahayaan menarik dengan memanfaatkan teriknya sinar matahari saat itu, dan saya dibilang berani mengambil sudut pandang yang cukup ekstrim akan objek foto", terang Patrik.

Sebelumnya, Patrik pernah meraih juara III tingkat Nasional kategori mahasiswa dalam lomba fotografi yang diselenggarakan PUPR di Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia tahun 2018. "Waktu itu temanya inovasi daur ulang sampah di lingkup perkotaan, dan bersyukur banget bisa meraih juara III membawa nama UKM Ciphoc serta kampus Unitomo dengan prestasi", pungkas mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi ini.