Detail Berita

Image

Wakil Rektor IV Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), Meithiana Indrasari berkesempatan menyampaikan pandangan dalam acara Focus Group Discussion (FGD) bartajuk “Digitalisasi Akses Sinergi Lembaga Pendidikan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri” yang digelar Dinas Pendidikan dan Dewan Pendidikan Provinsi Jatim. Acara berlangsung di Kantor Dinas Pendidikan Jatim Jl. Gentengkali Surabaya, Rabu (30/10), dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Ramliyanto.

Di depan sekitar 50 peserta dari kalangan pegiat pendidikan Jatim, Meithiana Indrasari menyampaikan setidaknya 4 hal yang harus dilakukan dunia pendidikan dalam meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) menghadapi dunia industri digital. “Keempat hal itu yakni perlunya menguasai bahasa Inggris, bahasa pemrograman, expert consulting, dan psikologi”, terangnya.

Menurut Doktor Bidang Manajemen SDM (MSDM) ini, keempat hal tersebut harus bersinergi agar SDM yang dipersiapkan bisa matang menghadapi dunia industri digital yang sangat dinamis. “Bahasa Inggris menjadi penting, mengingat setiap platform digital menggunakan bahasa Inggris. begitupun dengan bahasa pemrograman, yang saat ini tidak lagi menjadi penguasaan khas bagi pegiat teknik informatika, karena mengingat dunia industri saat ini berbasis digital”, paparnya.

Ia juga menakankan perlunya kita membuka pintu bagi orang luar untuk datang dan transfer knowledge. “Sikap membuka diri ini perlu untuk membentuk karakter SDM agar terbiasa berelasi dengan berbagai kalangan, dalam dan luar negeri”, pungkasnya.

Turut hadir Ketua Dewan Pendidikan Jatim, Muzaki yang menyampaikan pandangan tentang perlunya sinergitas antar isntitusi dalam menyikapi digitalisasi dunia pendidikan. “Digitalisasi akses pendidikan seyogyanya bukan persoalan person to person, namun institusi”, ujarnya.