Detail Berita

Image

Para pendekar silat Unitomo yang tergabung dalam UKM Perisai Diri (PD) dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) meraih hasil menggembirakan dalam ajang Kota Pahlawan Championship I 2019 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya 23-25 November. Ajang bergengsi antar perguruan silat ini diikuti lebih dari 3.000 atlet dari hampir 300 kontingen. Menerjunkan 14 atlet kontingen PD Unitomo tampil sebagai juara umum ke II setelah meraih 5 medali emas, 3 perak, dan 6 perunggu, sedang kontingen PSHT Unitomo yang menurunkan 11 atlet keluar sebagai juara umum ke III dengan 5 medali emas, 1 perak, dan 5 perunggu.

Pundi medali PD Unitomo diraih Martin (FT), Gery (FT), Ferdinus (FH), Melia (Fikes), dan Yeni (FEB) yang menyumbang medali emas, serta Kornelis (Fikom), Isto (FP) dan Dewi (FP) yang menyumbang medali perak. Sedang 6 medali perunggu diraih Sandika (Fikom), Marcel (FT), Rey (FP), Juven (FEB), Dewi (FIA), dan Sania (Fikes). Seluruhnya dari kategori tanding.

Adapun medali PSHT Unitomo didapat Dika (FT), Stefanus (FEB), Dhedi (FIA), Ahmad dan Anton yang menyumbang medali emas, serta Kiki (FT) yang meraih medali perak. Seluruhnya juga dari kategori tanding. Sedang 5 medali perunggu lainnya didapat Fadlol (FT) dan Samsul (FEB) dari kategori tanding, serta Iza (FIA), Rindi (FKIP), dan Dina (FEB) dari kategori seni regu.

Rektor Unitomo, Bachrul Amiq, mengapresiasi prestasi yang diraih kontingen dari 2 UKM ini, dan berjanji akan memberi beasiswa bagi para atlet yang berhasil meraih medali. “Bentuknya berupa keringanan SPP yang besarannya akan disesuaikan dengan lingkup kejuaraan yang kalian menangi", ujar Rektor dalam sambutannya saat menerima kedua kontingen di ruang kerjanya.

Namun begitu, rektor juga mengingatkan agar para atlet tidak cepat berpuas diri. "Ikhtiar untuk terus meningkatkan prestasi harus terus dijaga dan dipertahankan. Masih banyak event yang harus kalian hadapi di masa yang akan datang”, pesan rektor.

Khususnya para atlet dari UKM PD, seusai kejuaraan ini, memang harus segera mempersiapkan diri untuk menghadapi event yang lebih besar, yaitu Kejurnas Silat Piala Presiden yang akan berlangsung Juni 2020 di Bandung. “Kami menargetkan mampu meraih gelar juara umum dalam ajang paling bergengsi bagi para atlet PD tersebut”, tukas Sania, ketua UKM PD Unitomo. (yas/wld/agbar)