Detail Berita

Image

Kamis (05/12), Program Studi (Prodi) Teknik Informatika  Fakuktas Teknik Universitas Dr. Soetomo (FT Unitomo) menggelar kuliah tamu. Bertempat di Ruang RM Soemantri, kegiatan ini mengangkat tema “Teknologi Deep Learning dan Pemanfaatan pada Kehidupan Manusia” dan dibuka oleh Achmad Choiron, Dekan FT. “Kuliah Tamu seperti ini banyak memberikan manfaat bagi mahasiswa maupun secara kelembagaan, selain mahasiswa menerima refrensi dari pemateri yang berkompeten, secara kelembagaan juga terjalin hubungan kerja sama”, ungkapnya saat memberikan sambutan.

 

Diikuti sekitar 80 mahasiswa teknik informatika, kegiatan ini mendatangkan Reza Fuad Roacmadi, Dosen Teknik Komputes Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai narasumber. Dalam paparannya Reza Fuad Roacmadi mengatakan  Semakin berubahnya zaman, semakin canggih pula teknologi diera industry 4.0. “Inilah mengapa mahasiswa harus mengetahui jenis dan fungsi teknologi era saat ini. Tanpa disadari deep learning sering digunakan dikehidupan sehari-hari. Salah satunya visi komputer, visi komputer cenderung berfokus pada produksi 3D diproyeksikan ke satu atau beberapa gambar”, ujarnya.

 

Reza menambahkan visi computer sering mengandalakn pada asumsi yang lebih kompleks atau kurang tentang adegan digambarkan dalam gambar. “Visi Komputer kita gunakan dalam kehidupan sehari hari, salah satunya  fingerprint dihandphone. Lalu face detection, cctv yang bisa menyensor wajah seseorang, dan bisa terdeteksi usia bahkan keadaan hati yang sedang senang atau sedih”, imbuhnya.

 

Ditemui di sela kegiatan, Edi Prihartono, Ketua Prodi Informatika mengatakan kuliah tamu akan menjadi agenda pada setiap semester. Sampai saat ini Prodi Teknik Informatika selalu menggelar kuliah tamu dengan mendatangkan narasumber dari kalangan akademisi yaitu relasi kerja sama perguruan tinggi maupun dari kalangan praktisi. “Contohnya dengan adanya kuliah tamu ini, mahasiswa jadi sedikit lebih tau bagaimana cara pembuatan face detection, jadi secara implementatif keilmuan kegiatan kuliah tamu banyak memberikan manfaat”,terangnya. (yas/wld)