Detail Berita

Image

Ini Cara Sastrawan Gelorakan Minat Baca Kaum Milenial

 

Rabu (3/12), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar kegiatan kuliah umum di Gedung F ruang 311. Menghadirkan seorang sastrawan, Okky Madasari yang saat ini sedang mengejar pendidikan S3 di Singapore. Dengan mengusung tema “Geneologi Sastra Indonesia”, kegiatan ini membahas tentang sejarah sastra indonesia.

Diikuti sekitar 80 peserta, kuliah tamu ini secaara kesuluruhan dari  mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonsia (PBS). Okky mengisi kuliah tamu di Unitomo bukanlah yang pertama kalinya, ia selalu merasa bahwa PBS Unitomo merupakan para calon sastrawan dan calon pengajar. “Mereka merupakan sebuah tombak utama literasi Indonesia dan budaya cinta sastra”, kata sastrawan yang telah menerbitkan buku beberapa buku fiksi dan non fiksi ini.

Dalam Kuliah Tamu, Okky menggelorakan pentingnya memiliki minat baca ke kaum milenial di era yang serba digital ini. Bahkan Okky akhir-akhir ini sempat menggemparkan dunia maya melalui akun twitternya yang membagikan e-book secara gratis. “Dengan cara memberikan gratis itu agar dapat menarik minat baca para milenial yang terlalu sering beratatap dengan gawai janggihnya, jikia tidak suka dengan e-book maka kita dapat print out saja, mudah dan praktis”, ujarnya.

Okky menambahkan, giatnya dalam menyuarakan budaya membaca mampu secara langsung ditularkan ke mahasiswa Unitomo. “Saya ingin mahasiswa Unitomo suka membaca buku, memiliki rasa kecintaan pada sastra, dan ingin mengajak mahasiswa Unitomo untuk lebih kritis”, pungkasnya. (yas/wld)