Detail Berita

Image

Senin (16/12), Pusat Pendidikan dan Pelatihan Universitas Dr. Soetomo (Pusdiklat Unitomo) menggelar Program Pelatihan Ketrampilan Dasar Instruksional Teknis (Pekerti). Bertempat di Ruang RM Soemantri, Kegiatan ini dibuka langsung Wakil Rektor II, Slamet Riyadi.

Dalam sambutannya, Slamet Riyadi mengatakan teknis kegiatan yang akan berlangsung selama 5 hari, terhitung mulai 16-20/12. "Antusias Pekerti kali ini lebih banyak dari sebelumnya yakni 42, dan sekarang diikuti 54 peserta dari beberapa perguruan tinggi di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah VII Jawa Timur, bahkan ada yang dari Banjarmasin. Untuk itu, seluruh peserta saya harap dapat mengikuti setiap materi selama 5 hari ke depan", ujarnya.

Ditemui di sela kegiatan, Basuki Nugroho, Ketua Pusdiklat Unitomo mengatakan Pekerti yang sedang berlangsung sudah ke 5 kalinya. "Kami telah menjadikan Pekerti sebagai kegiatan agenda rutin setiap semester. Peserta akan dididik dan dilatih untuk meningkatkan ketrampilan serta kualitas Dosen dalam pembelajaran", ujar pria penghobi musik ini. 

Selain itu, Basuki menambahkan, hasil dari Pekerti akan membiasakan dosen membuat perangkat pembelajaran dan akan diaplikasikan selama 1 semester ke depan, serta akan dievaluasi pada pelatihan Applied Approach (AA). "Pada pelatihan selanjutnya, peserta akan dibekali wawasan dalam bidang pembelajaran yang meliputi materi tentang taksonomi tujuan instruksional, strategi kognitif, dan pembelajaran orang dewasa sebagai bekal untuk melakukan rekonstruksi mata kuliah, membuat kontrak perkuliahan, maupun dalam menulis bahan ajar", pungkasnya.